Lesson in Life

Buku Atau Ilmu

Berapa banyak buku yang Anda koleksi? Berapa banyak jumlah buku koleksi itu yang sudah Anda baca? Dan berapa banyak ilmu dari buku itu yang sudah Anda terapkan dalam hidup Anda?

Tiba-tiba teringat nasihat dari salah satu guru Saya. “Berhati-hatilah bila mampu membeli buku tapi tidak punya waktu untuk membacanya, karena bisa jadi itu adalah tanda-tanda berkurangnya keberkahan dari rezeki yang Anda gunakan untuk membeli buku tersebut”.

Diskusi yang terjadi dalam sebuah grup chat hari ini membuat Saya kembali melihat ke arah rak buku yang penuh dengan buku-buku koleksi Saya pribadi. Merenungkan, apa saja manfaat yang sudah Saya dapatkan dari buku-buku tersebut. Sudahkah Saya menyelesaikan membaca seluruh buku itu? Termasuk sudahkah Saya mengkhatamkan terjemah Al Qur’an yang seharusnya menjadi buku pertama yang harus dipahami betul-betul.

Rasanya seperti terkena tamparan. Karena ternyata begitu sedikit ilmu yang berhasil Saya serap dari buku-buku koleksi Saya. Begitu dangkal pemahaman Saya sehingga belum banyak ilmu yang bisa Saya terapkan dalam kehidupan Saya dan yang bisa Saya bagikan pada orang-orang yang ada di sekitar Saya.

Dalam Al Qur’an, Surah Al-Kahfi : 109, tertulis : “Katakanlah (Muhammad), Sekiranya lautan itu menjadi tinta (untuk menulis) kalimat-kalimat Tuhanku, maka habislah lautan itu sebelum selesai (penulisan) kalimat-kalimat Tuhanku, meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu pula”

Begitu banyaknya ilmu Allah SWT. Dan begitu sedikitnya kemampuan Kita untuk mengkaji ilmunya. Namun kemampuan yang sedikit inipun masih juga berkurang karena kesibukan duniawi dan rasa malas yang seringkali datang menghampiri.

Inilah mungkin pentingnya untuk selalu mendatangi majelis-majelis ilmu, dan berada dalam lingkungan yang saling mengingatkan untuk terus belajar menimba ilmu Agama, menerapkannya dalam kehidupan Kita, dan mengajarkannya kepada orang-orang di sekitar Kita walaupun hanya satu ayat. Supaya berkah ilmu itu terus bergulir, agar pahala ilmu yang Kita ajarkan terus mengalir.

Bukan banyaknya koleksi buku yang menentukan banyaknya Ilmu yang Kita miliki, tapi bagaimana Kita membaca, memahami, menerapkan dan mengajarkan ilmu dari buku itulah yang menentukan berkah tidaknya kehadiran buku-buku tersebut.

Sebuah renungan sebelum beristirahat….Semoga bermanfaat…

Salam hangat,

@EvaZahraa

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *