Notes

Challenge Yourself!

Pernahkah anda melihat otot dari atlet-atlet olahraga yang sering disorot oleh lensa media televisi? Atau mungkin anda mempunyai teman yang rajin fitnes, senam dan olahraga dan sudah melakukannya selama berbilang tahun?

Coba tanyakan pada mereka, berapa lama mereka mendisiplinkan diri hingga akhirnya mendapatkan bentuk badan dan otot ideal seperti yang sekarang mereka miliki. Apakah dengan sekali dua kali latihan mereka langsung mendapatkan hasil yang mereka inginkan?

Saya yakin di sepanjang prosesnya, pasti mereka menghadapi banyak rintangan. Mulai dari badan yang menjadi pegal dan sakit di awal latihan, mengalokasikan waktu untuk disiplin latihan, dan yang paling berat adalah mengalahkan kemalasan dan alasan-alasan penundaan yang muncul dari dalam diri.

Mungkin pada awalnya berat bagi mereka, tapi kuatnya tekad, besarnya impian dan kegembiraan dalam menikmati prosesnya mengalahkan rintangan-rintangan itu. Hingga akhirnya mereka sudah menganggap latihan-latihan ituΒ  sebagai suatu hal yang wajib dilakukan, karena sudah menjadi habit (kebiasaan) yang mereka nikmati.

Proses di atas bukan hanya berlaku untuk hal-hal yang berkaitan dengan badan manusia saja lho.. Berlaku juga dalam pembentukan kebiasaan yang lain. Termasuk kebiasaan tulis menulis artikel.

Sudah sekitar semingguan saya bergabung di sebuah grup belajar menulis yang oleh Jendral nya dinamakan Kampoeng Kata Kata. Grup ini berisi puluhan orang yang tertarik pada dunia menulis. Di grup ini kami bisa saling berbagi link artikel, saling memberi saran sekaligus saling menyemangati untuk mendisiplinkan diri dan mengembangkan kemampuan menulis dari masing-masing anggota grup.

Jangan berpikir semua adalah penulis yang sudah punya buku best seller. Anggota grup ini random, ada penulis terkenal dengan buku bestseller, ada kontributor media massa, ada yang baru saja menerbitkan bukunya, ada pula yang rajin menulis di notes facebook maupun blog. Diluar anggota yang sudah berpengalaman, banyak juga yang belum rutin menulis tapi ingin belajar dari senior-senior mereka, dan banyak pula penikmat tulisan yang ingin menyerap manfaat dan semangat dari artikel-artikel yang bertebaran link nya di grup.

Saya termasuk anggota yang masih belajar mendisiplinkan diri untuk menulis dan belajar dari teman-teman yang sudah lebih berpengalaman dalam dunia tulis menulis artikel. Bagaimana agar saya tetep konsisten dan semangat dalam belajar? Salah satunya dengan bergabung di komunitas yang tepat. Dengan begitu saya akan lebih cepat berkembang, karena belajar bersama orang-orang yang mempunyai kesamaan visi dan minat.

Nah, sama seperti proses pembentukan atlet-atlet olahraga yang saya ceritakan di awal artikel ini, otot bisa terbentuk sempurna bila rutin diberi beban dan target latihan dengan pengawasan yang baik. Begitupun “otot”Β  menulis, perlu diberi beban dan target tertentu agar terlatih dan berkembang dengan sempurna. Bahkan terkadang butuh diberi tantangan untuk dilakukan.

Hari ini, grup Kampoeng Kata Kata memberikan tantangan untuk menulis 3 artikel dalam sehari, dan link artikel tersebut dibagikan di grup untuk dibaca dan dinilai oleh anggota yang lain. Ada 7 orang yang menjawab tantangan itu, termasuk saya. Jadi dalam sehari ini bakal ada 21 link artikel yang bertebaran di chat room group hehehe… Seru kan? Yang pening mungkin malah pembacanya πŸ˜€

Mengapa saya memberanikan diri untuk ikut tantangan ini, walaupun saya tahu “lawan” saya adalah teman-teman yang sudah lebih berpengalaman dan kualitas tulisannya tidak diragukan lagi? Apakah saya terlalu percaya diri untuk mengikuti tantangan ini?

Alasan saya memutuskan untuk mengikuti tantangan ini bukanlah untuk mengalahkan orang lain, tapi untuk mengalahkan diri saya sendiri. Kapan lagi ada alasan kuat untuk menantang diri sendiri, dan melihat sejauh mana diri ini berkembang dan bagaimana diri ini sanggup menikmati prosesnya. Ya… Saya menantang diri saya sendiri πŸ˜€

Seperti saat ini, weekend, masih pagi, dan diluar rumah cuaca redup karena hujan deras menyembunyikan kehangatan sinar mentari. Dan saya sedang berada di depan laptop ungu saya, menuliskan kata demi kata yang membentuk artikel pertama saya di hari ini. Ditemani secangkir teh hangat, diiringi alunan melody dari rintik air hujan yang turun ke bumi. Tak terasa satu artikel pun sudah jadi πŸ˜€

Hello….Selamat pagi πŸ™‚

@EvaZahraa

3 thoughts on “Challenge Yourself!

    1. Iya Om, 2013 udah mulai belajar nulis, mulai dari curhat awalnya. Sekarang sih…. teteeeep curhat juga πŸ˜€ hadeeeh…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *