Notes

Chemistrology

Dalam setiap ilmu ciptaan manusia, ada pesan kehidupan yang bisa dipelajari di sana

Chemistrology, menurut kamus ala-ala evazahra.com , artinya adalah analogi ilmu kimia yang bisa dikaitkan dengan kehidupan manusia.

chemistrokonomiKESETIMBANGAN KIMIA adalah judul materi pelajaran kimia SMA yang memancing keisengan saya untuk mengaitkannya dengan nilai-nilai kehidupan manusia. Maklumlah lini usaha saya adalah Lembaga Bimbingan Belajar yang sekaligus digabungkan dengan konsultasi edukasi dan psikologi perkembangan remaja.  Jadi saat ada waktu luang, pikiran saya sering mencari hubungan antara ilmu pasti dan ilmu psikologi.

kesetimbangan kimia
Kesetimbangan kimia berlaku pada reaksi kimia bolak balik, anak panah reaksi bergerak dari zat pereaksi menuju zat hasil reaksi. Sama seperti kehidupan ini yang merupakan proses imbal balik antara memberi dan menerima. Antar manusia terkait satu sama lain, tindakan satu orang akan berimbas pada orang lain, terus bergulir hingga mencapai kesetimbangannya sendiri yang pada akhirnya efeknya akan kembali pada orang itu sendiri.

Dalam kesetimbangan kimia dikenal istilah pergeseran reaksi, jika zat pereaksi ditambah, maka akan semakin banyak produk yang dihasilkan, tapi jika jumlah zat pereaksi dikurangi maka sebagian produk justru akan digunakan sebagai “penambal” kekurangan zat pereaksi.

Begitupun dalam kehidupan ini, jika usaha kita ditingkatkan, maka akan semakin banyak hasil yang kita dapatkan. Tapi jika usaha kita dikurangi, maka akan ada sebagian hasil usaha kita yang harus digunakan untuk menutupi biaya-biaya yang kita keluarkan sehari-hari.

Dalam kesetimbangan reaksi dikenal pula pengaruh tekanan. Jika tekanan ditingkatkan, maka akan lebih banyak dihasilkan zat yang mempunyai koefisien lebih besar. Pun sebaliknya bila tekanan dikurangi.

Bila tekanan kehidupan bertambah, maka idealnya manusia akan semakin terpacu untuk berusaha menghasilkan sesuatu untuk menutup kebutuhan yang lebih besar. Tapi saat tekanan hidup berkurang, kadang manusia terlena dan malah bersantai-santai memenuhi kebutuhan hidup yang remeh temeh.

Saat suhu dinaikkan, maka reaksi akan bergerak menuju sisi yang membutuhkan energi (endoterm). Dan saat suhu diturunkan, maka reaksi kimia akan bergerak menghasilkan zat yang ada di sisi yang menghasilkan energi (eksoterm).

Saat emosi manusia memuncak karena amarah, sedih, frustasi dan lain-lain, maka jalan terbaik adalah kembali mengalihkan perhatian pada sisi spiritual yang lebih adem, manusia akan mencari energi spiritual yang mampu membuat dirinya kembali tenang. Dan saat emosi manusia sedang stabil, adem, tenang, maka mereka akan mencari tempat untuk menyalurkan energi ke komunitas-komunitas tempat dia bisa berbagi manfaat.

Masih banyak hal yang bisa direnungkan maknanya. Karena dalam setiap ilmu hasil pemikiran manusia, akan ada pesan-pesan kehidupan yang bisa kita pelajari, hanya jika kita mau dan peka dalam merenungkan maknanya.

#7DaysWritingChallenge

Regards,

 

@EvaZahraa
WA/Telegram : 085740746380

8 thoughts on “Chemistrology

  1. Hanya orang yang paham kimia dengan baik yang bisa membuat analogi gathuk mengathuk kayak gini. Nampaknya aku perlu rekreasi liat anime Full Metal Alchemist (o.O)

  2. Waktu sekolah dulu saya gak suka kimia. Elaaadalaah…kok ya malah punya suami seorang “chemist”. Ada hubungannya kah? Heuheu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *