Personal Life

Cicak Berkaki Tiga

Suatu ketika di rumah saya,  muncul seekor cicak dari belakang rak buku. Sebenarnya bukan hal yang aneh juga bila ada cicak muncul di rumah saya. Yang membuat cicak ini istimewa adalah karena kakinya hanya tiga. Jadi saat cicak ini merambat di dinding, gerakannya berbeda.. tidak selincah cicak yang lain 😀

Yang membuatnya berbeda lagi, adalah postur badannya. Cicak itu jauh lebih gendut daripada cicak yang lain hehehe…. Padahal dia kalah gesit dan kalah kecepatan saat berburu makanan.

Beberapa kali saya jadi iseng memperhatikan saat dia diam berkonsentrasi menunggu mangsa yang lewat 😀 Bukan berarti saya kurang kerjaan juga lho.. Ini benar-benar pelajaran tentang konsep rejeki yang Alloh bagikan pada makhluknya.

Teringat kembali kajian dari KH. Abdullah Gymnastiar (Aa’ Gym). Cicak tidak bisa terbang, tapi makanannya nyamuk yang beterbangan. Kalau bukan karena besarnya kuasa dan kasih sayang Alloh, tidak masuk akal bila cicak bisa menangkap nyamuk.

Dan kenyataannya, pertumbuhan jumlah keluarga cicak tetap meningkat tuh… Mereka tidak punah karena putus asa melihat mangsa nya yang terbang kesana kemari hihihi… Mungkin karena mereka yakin, rejeki pasti ada bagi makhluk-makhlukNYA.

Yuk ah kembali lagi ke kisah pendekar cicak berkaki tiga #eh 😀

Melihat upaya cicak berkaki tiga ini, terbersit rasa malu di hati saat muncul rasa malas dalam diri. Malu saat rasa iri mulai menjangkiti diri ini. Iri pada rejeki yang orang lain terima. Kemana perginya rasa ikhlas dan tawakkal yang semestinya terus dipupuk dan dijaga….

Alloh menjamin rejeki untuk tiap-tiap makhlukNYA. Besar kecilnya kita tak pernah tahu.. Kewajiban kita sebagai makhlukNYA adalah memulainya dengan niat yang baik, mengiringinya dengan prasangka baik,  beribadah dengan baik dan berikhtiar dengan sebaik-baiknya. Dan menyerahkan hasilnya pada Alloh semata.

Cicak berkaki tiga itu menjadi pembelajaran yang berharga. Bahwa tak ada makhluk yang diciptakan tanpa dijamin rejekinya. Tinggal mau berusaha sambil bersyukur atau tidak? 😀

Semoga bermanfaat ^^

@EvaZahraa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *