Life

Do’a

Beberapa waktu yang lalu, Saya sempat membaca sebuah buku yang berjudul Dream Book, karya dari Rangga Umara. Saat sampai ke bagian cara berdo’a, tiba-tiba teringat kembali suatu masa saat bercanda bersama sahabat-sahabat dekat Saya… Bercanda ria tentang macam-macam jenis do’a.

Do’a ada beraneka macam bentuk kalimatnya. Contohnya kayak gini nih, coba diambil tema yang paling populer sepanjang masa.. Apa itu? Yak betul… tentang J.O.D.O.H hehehe… Pasti langsung ingin tahu, seperti apa sih do’a yang sering diucapkan… Mari kita lihat…

  • Do’a Umum : Ya Tuhan, pertemukanlah Aku dgn jodohku. Berikanlah jodoh yang terbaik, yang bisa membahagiakan Aku dunia dan akhirat. (Tet..tot.. bahagianya mau seperti apa? yang jelas dong…)

  • Do’a yang males : Ya Tuhan.. Engkau Maha Tahu jodoh yang Aku mau. Maka kabulkanlah.. (hihihi… males banget kan.. buat nyebutin detailnya saja tidak mau)
  • Do’a yang maksa : Ya Tuhan, di mataku si (sebutin nama) itu begitu mempesona dan sepertinya dia tepat untukku. Jika dia jodohku, mudahkanlah jalan kami. Jika hatinya terpaut dengan orang  lain maka uraikanlah sehingga hatinya bisa terpaut dgn hatiku. Engkau Maha membolak balikkan hati, balikkanlah hatinya agar lebih berat kepadaku. (hehehe…. versi “pokoknya harus” )
  • Do’a yg mengancam : Ya Tuhan, Aku mohon jodohkanlah Aku dengannya. Aku tak bisa bernafas seharipun tanpanya. Jika Kau tdk menyatukan Kami, bagiku dunia ini akan segera berakhir. (seram nih..)
  • Do’a yang nawar : Ya Tuhan, kalau dia jodohku, maka permudahlah, tapi kalau dia bukan jodohku, tolong Tuhan… dicek sekali lagi… jadi teman dekat, mungkin masih bisa kaan? 😀

Coba diingat-ingat… do’a seperti apa sih yg sering teman-teman lakukan?

Semua orang pasti pernah berdo’a. Tapi ada yg do’anya terkabul dan ada yg belum kunjung terkabul. Pada saat do’a Kita belum terkabul, jangan putus harapan dulu.

INSTROSPEKSI… Mungkin karena belum waktunya dikabulkan, atau mungkin usaha Kita belum maksimal… Atau mungkin juga karena do’anya TIDAK SPESIFIK, kurang fokus dan detail.

Do’a yg SPESIFIK itu harapannya supaya Allah mengabulkan apa yg dimohonkan hambaNya. Tentu saja KUANTITAS juga sangat menentukan. Makin sering diminta, peluang terkabulnya juga semakin besar.

Jangan lantas menyerah saat do’a kita belum dikabulkan. Pertahankan keyakinan dan berusaha sekuat tenaga untuk mewujudkannya. BERDO’A TERUS dan TERUS BERDO’A….

Selaraskan diri Kita dengan do’a-do’a yang Kita panjatkan. Jadilah pribadi yang lebih baik. Yang tidak hanya bisa meminta, tapi juga teruslah berupaya untuk memperbaiki diri, PANTASKAN DIRI agar sesuai dengan apa yang Kita pinta dalam do’a-do’a Kita.

Semoga bermanfaat ^^

Salam hangat,

 

@EvaZahraa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *