Personal Life

Hibernasi Ramadhan

Membaca istilah hibernasi, yang pertama terlintas di pikiran saya adalah kebiasaan Beruang yang tidur di sarangnya saat musim dingin tiba. Seringkali ada di film-film dokumenter dan film kartun yang menjadi salah satu kegemaran saya hehe…

Hibernasi pada beruang tujuannya adalah untuk menghemat energi karena langkanya makanan di musim itu , memperlambat proses metabolisma dan pembakaran lemak. Waktunya pun bisa berbilang bulan. Sebelum menjalani proses hibernasi, beruang akan menyiapkan energinya untuk menghadapi musim dingin yang panjang itu.

Bulan ramadhan saya analogikan sebagai waktunya untuk ber-hibernasi. Hibernasi menahan lapar, haus, nafsu dan emosi yang biasanya bebas dilakukan di hari-hari biasa. Hibernasi dari melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat baik di dunia nyata atau di dunia maya. Hibernasi dari perbuatan-perbuatan yang tidak membawa keberkahan dalam hidup kita baik saat terlihat oleh orang lain maupun saat kita sedang sendirian.

Beberapa hari lagi kita akan memasuki bulan ramadhan. Atmosfer bulan ramadhan sudah sangat terasa dimana-mana. Yang ingin saya cermati di lingkungan pertemanan saya adalah adalah persiapan ruhiyah dan rencana kegiatan religi. Bagaimana teman-teman saya mulai merencanakan target-target ibadah  ramadhan dan bagaimana pembagian waktu untuk mencapai target tersebut. Target tilawah, hafalan, ibadah sunnah dan menambah ilmu di sela-sela waktu aktifitas duniawi kami.

Apa kegiatan di bulan Ramadhan dengan kegiatan di hari-hari biasa? Bukankah bisa saja kita melakukannya di hari-hari biasa?

Bedanya ada di keberkahan yang menyertai bulan ramadhan ini. Segala bentuk ibadah dilipat gandakan pahalanya. Sangatlah rugi bila kita tidak menggunakan kesempatan ini sebaik mungkin. Belum lagi banyaknya kesempatan untuk melakukan kegiatan donasi maupun dakwah secara langsung. Karena energi yang memancar dari lingkungan yang berbondong-bondong menebarkan semangat ibadah ramadhan, seharusnya semakin menarik diri kita untuk ikut serta di dalamnya.

Seandainya setiap bulan pahalanya seperti bulan ramadhan, entah seperti apa seru nya suasana di sekitar kita ya?

Beberapa dari sahabat saya memutuskan untuk offline dari grup chat di dunia maya dan libur beraktifitas di sosial media. Saya pun off dari beberapa grup untuk sementara waktu, namun saya memilih untuk tetap berbagi manfaat dengan cara memposting artikel dan informasi yang mendukung kegiatan ibadah di bulan ramadhan.

Bermacam cara untuk menyambut bulan ramadhan. Pertanyaannya, apakah bulan ramadhan yang akan kita jalanin tahun ini akan membawa perubahan besar dalam kebaikan hidup kita? Atau hanya sebagai ritual biasa dari tahun ke tahun?

Hanya diri kita yang bisa menjawabnya, itupun nanti setelah bulan ramadhan berlalu. Tapi kita bisa mulai berikhtiar untuk menjadikannya sebagai bulan hibernasi menuju keberkahan dan kebaikan hidup kita masing-masing.

Jadi, apa rencana anda untuk mengisi bulan ramadhan ini? Pastikan anda konsisten dan disiplin menjalaninya dari waktu ke waktu.

Selamat menjalani ibadah di bulan ramadhan, temans 🙂

@EvaZahraa

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *