Lesson in Life, Notes

Hidup Itu Seperti Permainan Karambol

Semasa kecil dulu, Saya sering melihat orang-orang yang bermain Karambol. Saya sebut Karambol sebagai permainan Bilyard Tradisional hehe…

Ganti saja bola bilyard dengan koin plastik, dan ganti stik bilyard dengan lengan pemainnya. Tinggal sentil… dan meluncurlah koin karambol menabrak koin yang lain dan masuk ke lubang di pinggir papan..Satu sentilan, bisa berakibat koin itu mengenai beberapa koin lain secara langsung maupun berurutan.

karambol

(gambar diambil dari heroges.com)

Kenapa tiba-tiba Saya ingat karambol? Bukan berarti Saya mantan atlit karambol lho… hihihi… Tapi karena Saya pernah mengibaratkan hidup ini seperti permainan karambol. Eh baru sadar Saya kalau ternyata dari dulu Saya sudah hobby membuat analogi kehidupan pada hal-hal yang Saya temui sehari-hari.

Ya.. hidup ini seperti karambol. Suatu saat Kita membantu orang lain dan saat Kita membutuhkan bantuan, ternyata datangnya bukan dari orang yang pernah Kita bantu, tapi justru dari orang lain. Jadi tidak usah terlalu meletakkan harapan agar orang yang Kita bantu itu, suatu saat akan membantu Kita. Letakkan pamrih kita dalam do’a, mohon agar Allah SWT memudahkan urusan Kita karena Kita membantu mempermudah urusan orang lain.

Mungkin hal ini mirip dengan yang saat ini dikenal sebagai EPOS (Energi Positif). Energi di dunia ini kekal/abadi, hanya berubah wujud menjadi bentuk yang lain. Perbuatan baik yang Kita lakukan, tak selalu kembali dari arah yang sebaliknya. Terkadang balasan itu datang dari arah yang tak disangka-sangka, di waktu yang tak terduga dan dalam bentuk yang tak terbayangkan.

Hanya Allah SWT yang tahu kapan pertolongan itu datang. Tugas Kita hanya berusaha dengan cara yang baik dan benar, berdo’a meminta kelancaran urusan dan tawakkal menyerahkan hasilnya pada Allah SWT.

Begitu pula yang terjadi bila Kita bertindak negatif. Energi keburukan itu akan kembali juga pada diri Kita. Entah dalam bentuk apa. Kita bisa gunakan analogi ini untuk melakukan instrospeksi pada akibat tindakan-tindakan yang Kita pilih.

Sesederhana apapun tindakan Kita, pasti akan memberikan efek pengaruh pada orang-orang di sekitar Kita. Pilihlah tindakan yang memberi pengaruh baik pada orang lain. #NtMS

Semoga renungan pagi ini bisa memberi manfaat yang baik.. Aamiiin…^^

Salam Hangat,

 

@EvaZahraa

2 thoughts on “Hidup Itu Seperti Permainan Karambol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *