Lesson in Life

Jawaban Itu Ada di Sekitar Kita

Percayakah anda bila Allah selalu mengirimkan jawaban dan petunjuk melalui peristiwa-peristiwa yang terjadi di sekitar kita? Saya percaya…

Sering sekali saya mendapatkan jawaban dari masalah/ pertanyaan / keinginan yang muncul di pikiran saya dengan cara yang unik. Jawaban itu sering saya dapatkan dari bacaan yang saya baca saat itu, kadang muncul dari informasi pada spanduk dan baliho iklan di tepi jalan. Bisa juga dari kalimat-kalimat yang muncul saat ngobrol dengan teman. Bisa juga saat berada dalam sebuah acara seminar, kata-kata yang diucapkan oleh pengisi materi saat itu seperti tak sengaja menjawab pertanyaan saya.

Bahkan kadang-kadang ada peristiwa tak terencana yang terjadi, dan ujung-ujungnya biasanya menjadi jawaban dari pertanyaan yang muncul di pikiran saya. Peristiwa tersebut tidak selalu menyenangkan awalnya, tapi membuat saya  mendapatkan solusi yang saya butuhkan. Bisa dibilang “Blessing in Disguise”.

Orang lain boleh berkata bila itu tak masuk akal. Tapi menurut saya itu sangat masuk akal. Karena itu hanya terjadi saat saya membiarkan pikiran saya terbuka untuk mencari peluang yang ada.

Saat pikiran saya sedang kalut dan emosi yang muncul mendominasi hati dan pikiran saya, biasanya petunjuk itu tak terlihat. Betapapun saya mencarinya, pikiran saya seperti membentur tembok besar. Mentok… gang buntu.

Namun saat pikiran saya sedang santai, saat saya sudah merelakan apa yang sudah terjadi saat itu, pada saat itu juga segala kemungkinan dan peluang mudah di tangkap. Bahkan terkadang saat saya berhenti mencari jawaban dan mengembalikan semuanya pada kehendak Allah, justru saat itulah pencerahan itu muncul.

Jadi kesimpulan yang saya dapatkan dari peristiwa itu adalah : Jawaban dari persoalan kita itu ada di sekitar kita, menunggu kita untuk dapat melihatnya. Allah memberi kita ujian, lengkap dengan kunci jawabannya. Tugas kita adalah memaksimalkan ikhtiar dalam menghadapi ujian tersebut dan mengkondisikan diri untuk menemukan jawabannya.

حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

“Hasbunallah wa ni’mal wakiil”

Cukuplah Allah sebagai penolong kami, dan Allah adalah sebaik-baik pelindung

 

Semoga bermanfaat,

Salam hangat,

@EvaZahraa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *