Lesson in Life

Jebakan Reuni

Bertemu dengan teman lama sangatlah menyenangkan, mengingat masa lalu yang seru dan lucu. Saat Kita masih sama-sama berlajar mencari jati diri dan masih senang mencoba melakukan hal-hal baru tanpa berpikir panjang hihihi…

Apalagi dengan fasilitas gadget yang saat ini sudah menjadi lifestyle. Jarak dan waktu sudah tidak menjadi penghalang lagi.

Dahulu saat gadget masih langka dan menjadi barang mewah yang sulit terjangkau, reuni nostalgia dilakukan dalam bilangan jari. Mungkin hanya saat mudik di Hari Raya Idul Fitri. Namun saat ini reuni dilakukan sepanjang waktu, melalui jejaring sosial baik whatsapp, fb, path, bbm dan lain sebagainya.

Segala sesuatu pasti ada efek positif dan efek negatifnya. Efek positif dari menjamurnya grup “nostalgia” adalah terjalinnya kembali tali silaturahim yang sempat terpisah jarak dan waktu. Bisa jadi Kita menemukan partner bisnis atau bahkan partner hidup melalui grup-grup nostalgia ini hehehe….

Namun… Jika tak berhati-hati, efek negatif yang terjadi pun dapat mengganggu kehidupan Kita.

Berapa banyak yang kembali terjebak ke memory masa lalu, sibuk kembali membicarakan gosip masa lalu, melacak kembali kabar kekasih masa lalu walaupun saat ini sudah berkeluarga, dan tidak jarang terjebak pada sikap menilai orang lain berdasarkan ukuran-ukuran dan sifat mereka di masa lalu.

Terkadang intensitas chatting baik di komunitas nostalgia maupun komunitas lainnya membuat lupa waktu. Sehingga mengganggu konsentrasi pada tugas yang sedang dikerjakan, tak peduli profesinya sebagai karyawan, entrepreneur, housewife, maupun  freelancer.

Bila efek negatif ini tidak segera disadari, betapa merugi nya orang-orang yang melakukannya. Tak jarang harmoni keluarga menjadi korban dan produktivitas kerja menurun.

Berapa banyak harmoni keluarga yang terganggu saat Ayah, Ibu maupun anak masing-masing sibuk dengan komunitas nostalgianya. Terjebak pada keindahan angan-angan. Sehingga kedekatan hati dan perasaan antar anggota keluarga di alam nyata menjadi hilang. Hanya sekedar fisik yang hadir, sementara hati dan pikiran berada di ruang lain.

Berapa banyak pekerjaan yang terlantar, karena pekerja nya sibuk fokus pada apa yang terjadi di dunia chatting nostalgia nya. Dan melupakan amanah dan tanggung jawabnya.

Masa lalu adalah sejarah yang tak akan kembali. Hari ini kenyataan yang harus dijalani. Masa depan tergantung pada apa yang Kita lakukan hari ini.

Pernahkah Anda mengalami semua hal yang Saya tuliskan diatas? Sudahkah Anda merenungkan manfaat dan akibat yang terjadi saat salah memilih tindakan?

Apapun yang Kita kerjakan, tergantung pada niat awal. Apapun yang Kita lakukan walaupun sebesar biji sawi, akan diminta pertanggung jawabannya di kehidupan abadi nanti. Apapun yang ada dalam hati Kita, baik buruknya akan menentukan kualitas hidup Kita. Allah SWT Maha Mengetahui apa yang sebenarnya terjadi.

Sebuah introspeksi diri, untuk lebih berhati-hati menggunakan waktu hidup yang terbatas ini…

Semoga bermanfaat,

Salam hangat,

@EvaZahraa

6 thoughts on “Jebakan Reuni

    1. Haha… Lupa ngapus centang log in nya. Sama2 Mas Ardi, introspeksi pribadi nih klo udah terlalu asik ngobrol kesana kemari yg ga jelas manfaatnya ;D Mas Ardi mana nih blog nya.. Ditunggu artikelnya ;D

  1. Sependapat banget mbak….trimakasih….tyt tulisan mbak membenarkan apa yg saya pikir kan tentang reuni dan masa lalu..thaks ya mbak

    1. Iya mbak Riana, kadang jadi gagal move on kalau terlalu fokus ke masa lalu 😀 Orangnya aja dah yang dari masa lalu, jangan isi pembicaraannya.

      Terimakasih ya sudah mampir…

  2. Banyak kejadian negatif dari aktifitas reuni yang dilakukan berkali kali.
    Misalnya CLBK antar temen sekolah.
    Kalau ingin reuni itu sehat ya suami/istri harus turut serta diacara tersebut.
    Dan itupun juga belum menjamin.
    Harusnya reuni ya seperlunya saja, setiap 5 tahun sekali, jadi roh temu kangennya ada. Kalau tiap tahun, apalagi tiap bulan bahas yg tidak jelas..bisa dipastiin..pasti hal hal negatif hasil yang dipetiknya.

    1. Begitulah Bang, akan selalu ada godaan untuk kembali ke memory masalalu kalau tidak dikelola dengan baik niat dan format acaranya. Makasih sudah mampir Bang…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *