Lesson in Life

Kebetulan?

Menyambung artikel Saya kemarin, “Blessing in Disguise” , hari ini Saya berpikir tentang beberapa kejadian yang biasa dibilang “kebetulan”. Benarkah ada hal-hal yang kebetulan terjadi dalam hidup kita?

Saya meyakini, segala sesuatu yang terjadi dalam hidup Saya, bukanlah sebuah kebetulan. Tapi memang sudah seharusnya terjadi, sebagai sebuah rencana yang di desain oleh Allah SWT. Tugas Saya adalah mengawali dengan niat baik, berikhtiar semaksimal mungkin dengan cara yang baik, diiringi dengan do’a dan akhirnya menyerahkan hasilnya pada Allah SWT.

Saat Saya masih kuliah, Saya sering menemukan jawaban pertanyaan Saya dalam bentuk tulisan… Ini tidak ada hubungannya dengan N.Y.O.N.T.E.K lho yaa hehe… Maksud Saya, terkadang Saya mempertanyakan tentang hikmah yang terkandung dalam beberapa kejadian yang Saya alami sehari-hari… Biasanya kejadian-kejadian yang membuat Saya sedih ataupun kecewa.

Waktu itu Saya cenderung mendapatkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu saat Saya membaca buku, majalah, maupun koran secara random/ tidak detail halaman per halaman. Sehingga saat itu Saya terbiasa untuk mampir ke toko buku setiap kali muncul pertanyaan di pikiran Saya, tentang segala sesuatu yang susah untuk Saya ungkapkan ke orang lain.

Jadi bukan sesuatu yang aneh bila biaya yang Saya keluarkan untuk nutrisi otak ini, kadang-kadang melebihi anggaran makan Saya hihihi… Setelah mengenal dunia online, anggaran belanja buku bisa dikurangi. Namun tetap saja kebiasaan beli buku cetak tak pernah berhenti. Lumayan juga ternyata jumlah koleksi buku Saya saat ini 😀

Seiring waktu, Saya belajar untuk lebih Aware pada hal yang terjadi di sekeliling Saya. Di artikel Saya yang berjudul “Passion” sudah Saya ceritakan tentang “daya tarik” Saya yang membuat orang yang ada di sekitar Saya spontan curhat tentang kehidupannya hehehe… Dari situlah seringkali Saya mendapatkan jawaban tentang kegalauan Saya.

Terkadang jawaban-jawaban itu juga Saya dapatkan dari kultwit-kultwit di ranah Twitterland, sharing materi di LINE, obrolan di grup Whatsapp ataupun broadcast dari Bbm. Selalu ada pencerahan dari arah manapun.

Apakah ini sebuah kebetulan? Menurut Saya tidak….

Saya mendapatkannya, karena Saya mencari dengan sepenuh hati, mempersiapkan diri untuk menerima pencerahan, membuka hati, mengosongkan sebagian ruang dalam pikiran dan berusaha menekan kesombongan dari sifat “merasa sudah tahu”.

Dan datangnya pencerahan ini sejalan dengan hakekat ilmu yang seperti air, mengalir ke tempat yang posisinya lebih rendah, mengisi wadah yang masih ada ruang kosongnya…

Jadi ciptakanlah “Kebetulan-kebetulan” Anda, dengan cara mempersiapkan diri untuk menerimanya. ^^

Semoga bermanfaat… 😀

Salam Hangat,


@EvaZahraa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *