Lesson in Life, Notes

Kesasar…hobby atau nasib?

Pernahkan teman2 tersesat? Tersesat atau bahasa kerennya “Kesasar”….

Saya sering.. hehehe..Ups keceplosan 😀

Dari yang tak disengaja, hingga memang sengaja mencari jalan alternatif lain saat melakukan perjalanan menuju suatu tempat.. Sengaja? Iya benar, sengaja kesasar, misalnya mencari jalan alternatif saat jalan utama sedang macet atau ada rintangan sehingga tak bisa dilalui…

Aneh?
Nggak juga, saya menyebutnya sebagai kesempatan unik untuk mengukur taraf pengendalian diri muehehehe….

Saat kita tanpa sengaja kesasar, artinya kita mengalami suatu hal yang berada di luar kendali kita, dan kita mempunyai beberapa pilihan tindakan. Bisa marah-marah menyalahkan keadaan, bisa sibuk menghubungi teman” untuk mencari pertolongan, bisa juga menikmati proses mencari jalur yang benar sambil banyak” mengambil pelajaran berharga untuk bekal perjalanan hidup.

Dan saya memilih menikmati prosesnya sambil memikirkan bagaimana agar tujuan utama kita tetap tercapai tepat waktu. Itu membutuhkan kontrol emosi dan kontrol diri yang baik. Terutama bila ada beberapa pihak yang terlibat berperan disini.

Saat kesasar, saya dipaksa keadaan untuk kreatif berpikir, mencari jalur yang benar, melatih mengendalikan emosi sekaligus melatih berkomunikasi yang memberdayakan dgn teman seperjalanan kita, termasuk dengan orang” di lokasi tempat kita kesasar. Intinya butuh kerjasama dengan orang lain untuk mencapai tujuan.

Pada prosesnya, pada saat saya kesasar bersama teman seperjalanan, akan tampak sifat asli dari teman yang bersama saya saat itu. Ada yang cenderung menyalahkan keadaan, ada yang apatis dan cuek, adapula yang dengan bahagia menikmati petualangan kesasar sekaligus bersemangat dalam mencari jalan keluar bersama.

Pun setelah berhasil sampai ke tujuan,  reaksi teman seperjalanan juga menunjukkan nilai diri nya. Ada yang mengambil banyak makna di dalamnya, ada yang tak mendapat manfaat apa”, adapula yang terus menerus membicarakan betapa dia merasa menjadi korban. Bahkan ada yang jadi ketagihan dengan petualangan kesasar dan berharap akan mengalaminya lagi huehehehe…. Dan itu adalah PILIHAN SIKAP.

Disini KESASAR bisa diibaratkan sebuah MASALAH. Nilai baik buruk dari masalah ini tergantung pada sudut pandang yang kita pakai. Bisa menjadi BERKAH bisa juga menjadi MUSIBAH. Kita yang tentukan.

Pada kenyataannya semua yang kita sebut sebagai MASALAH sejatinya adalah sesuatu yang netral. Di dalamnya ada banyak pilihan tindakan. Kita bisa memperlakukannya sebagai KESEMPATAN ataupun bisa memperlakukannya sebagai KESEMPITAN.

Bila diibaratkan sebagai perjalanan kehidupan, LIFE IS AN UNPREDICTABLE JOURNEY.  Perjalanan hidup kita tak selalu sesuai dengan rencana kita, karena Allah SWT memberikan apa yang kita butuhkan, bukan yang kita inginkan.

Teruslah berbaik sangka pada maksud baik Allah SWT pada hal” yang terjadi dalam hidup kita, Allah SWT adalah Designer Sempurna untuk hidup kita. Selalulah mengambil sisi positif dan memberdayakan, karena hidup ini terlalu singkat, maksimalkan untuk melakukan hal” yang baik, yang memberdayakan, yang membahagiakan dan bermanfaat untuk bekal kita menuju hidup yang penuh keabadian nanti…

Jadi….. KESASAR?? Enjoy aja lageeee….

Semoga bermanfaat ^^

Salam Hangat,
@EvaZahraa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *