Life

Letakkan Beban Pikiranmu Sejenak…

Pikiran manusia bisa diibaratkan sebuah komputer yang digunakan untuk mengolah data. Saat data yang diolah jumlahnya overload, terkadang sebuah komputer bisa “hang” dan perlu di restart ulang. Demikian pula pikiran Kita. Saat beban pikiran sedang overload, bukan solusi masalah yang muncul, tapi pikiran menjadi macet tak mendapatkan penyelesaian masalah.

Beberapa orang menghilangkan kejenuhan pikiran dengan bercerita/curhat pada orang lain. Sebagian lagi mengurangi beban pikiran yang ada dengan menuangkannya dalam bentuk tulisan.

Itulah yang beberapa waktu terakhir ini sedang Saya upayakan. Sebelumnya Saya bukanlah orang yang gemar menuangkan isi pikiran dalam bentuk tulisan, baik menulis diary, menulis blog ataupun bentuk tulisan lainnya.

Namun setelah merasakan manfaat dari menuangkan isi pikiran dalam wujud tulisan, akhirnya Saya berusaha merutinkan diri untuk menulis di blog maupun di notes dalam gadget yang sering Saya bawa.

Inti dari menuliskan isi pikiran Kita adalah meletakkan beban pikiran sementara, untuk nanti dipikirkan lagi saat ada waktu lain untuk mencari penyelesaiannya. Saat menuliskan hal tersebut, Saya terkadang belum punya gambaran seperti apa solusinya nanti. Karena memang belum ada hehe…. Pokoknya ditulis dulu, lalu disimpan.

Terkadang di tengah-tengah proses menulis, tiba-tiba ada kejernihan pikiran yang muncul dan membuat Saya saat itu juga memperoleh solusinya. Namun terkadang sampai isi pikiran Saya selesai dituangkan dalam bentuk tulisan, tetap saja belum muncul gambaran solusinya, dan itu wajar saja terjadi.

Solusi biasanya seringkali muncul saat Saya membaca ulang tulisan Saya. Saat itulah Saya seperti melihat masalah Saya dari sudut pandang orang lain. Rasanya seperti bukan diri Saya yang mengalaminya tapi orang lain. Sehingga Saya bisa lebih netral dalam memandang masalah dan mencari solusinya.

Ada baiknya cara ini digunakan untuk mengurangi beban pikiran. Karena tidak semua masalah perlu dicari solusinya.. Terkadang hanya perlu di simpan sementara menunggu waktu yang tepat untuk di pikirkan lagi.

Namun yang jelas, menuliskan apa yg ada dalam pikiran Kita akan memberi kesempatan pada Kita untuk meletakkan sejenak beban pikiran yang ada dan menikmati moment saat itu tanpa memikirkannya.

Semoga bermanfaat

Salam hangat,

@EvaZahraa

2 thoughts on “Letakkan Beban Pikiranmu Sejenak…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *