Kehidupan

Melembutkan Hati

lembutkanlah hatimuHati manusia sangatlah mudah berubah suasana. Bahagia, sedih, bersyukur, mengeluh, berganti-ganti. Sebagaimana iman yang mengalami pasang surut tingkatannya. Saat hati sedang lemah, sangatlah mudah mengalami berbagai godaan, termasuk godaan nafsu duniawi dan kurang mensyukuri nikmat yang telah Allah SWT limpahkan dalam kehidupan Kita.

Perbincangan tadi pagi bersama sahabat-sahabat Saya di sebuah grup social media, membuat Saya kembali diingatkan untuk sering-sering melembutkan hati agar tidak terjerumus dalam sikap kurang bersyukur dan sifat mudah mengeluh.

Bagaimana caranya?

Salah satu caranya adalah dengan berbincang-bincang bersama orang-orang yang termasuk dalam golongan fakir miskin, untuk melihat bagaimana perjuangan mereka dalam memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Lihatlah bagaimana orang-orang yang puluhan tahun menjalani profesi sebagai “orang pinggiran” dengan penghasilan yang minim, dan harus memenuhi kebutuhan keluarga yang semakin lama semakin besar.

Carilah orang-orang yang dalam kondisi seperti itu masih bisa bersyukur, masih dapat dengan ikhlas menerima keadaan, dan tetap berikhtiar tanpa ada niatan untuk menjadi pengemis dan peminta-minta.

hati yang lembut

Tidak sedikit diantara mereka yang dengan kondisi seperti itu berhasil mengantarkan anak-anaknya menyelesaikan jenjang pendidikannya dan berhasil menjadi orang-orang sukses dalam karirnya.

Apa rahasianya?

Rahasianya adalah rasa syukur pada semua nikmat dan rezeki yang telah mereka terima selama ini. Dan bercerminlah pada mereka…. Sudahkah Kita mensyukuri apa yang telah Kita miliki selama ini? Ataukah Kita masih disibukkan dengan rasa iri dan dengki pada apa yang orang lain miliki….

he-is-always-there-1

Lembutkanlah hati Kita dengan berbincang-bincang dengan orang-orang yang miskin papa, dengarkanlah kisah perjuangan mereka, belajarlah untuk peka pada apa yang terjadi di sekitar kita dan banyak-banyaklah bersedekah untuk mereka yang membutuhkan. Niscaya Kita akan merasakan bahwa diri Kita adalah orang yang sangat beruntung dan berlimpah berkah.

Semoga bermanfaat,

Salam Hangat,

@EvaZahraa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *