Review, Traveling

Mengapa Pantai Depok Jogja Terlalu Sayang Untuk Dilewatkan?

Pantai Depok Yogyakarta adalah salah satu tujuan wisata yang ada di jajaran pantai selatan Yogyakarta. Ini adalah salah satu pantai yang sedang naik daun di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Mungkin dahulu para pelancong lebih mengenal Pantai Parangtritis sebagai obyek wisata andalan Bantul. Tapi sekarang Pantai Depok sudah mempercantik diri dan menjadi pilihan yang tidak kalah indahnya. Terlalu banyak alasan untuk mengunjungi pantai ini.

Liburan kami ke Yogyakarta menjadi lebih seru saat memasukkan Pantai Depok ini ke dalam salah satu rute perjalanan. Banyak sekali alasannya. Salah satunya adalah jaraknya yang cukup dekat dari Kota Yogyakarta. Hanya butuh waktu kurang dari satu jam menuju pesisir pantai ini. Mudah pula dijangkau sehingga tidak perlu takut kekurangan waktu jika waktu cuti liburan kita terbatas.

Waktu berkunjung paling nyaman adalah saat curah hujan sudah tidak begitu tinggi. Supaya bisa maksimal menikmati cerahnya langit dan cuaca di sepanjang pantai yang cantik ini.

 

Rute Ke Pantai Depok Jogja

Tidak perlu pusing dengan petunjuk arah, karena GPS sudah sangat jelas mencantumkan lokasinya. Dijamin tidak bakal kesasar. Sudah beberapa kali saya mengunjunginya bersama teman-teman. Dari waktu ke waktu terlihat pembenahan fasilitas yang semakin memudahkan para pengunjung untuk menikmati wisatanya.

Mengapa Pantai Depok Jogja Terlalu Sayang Untuk Dilewatkan
Peta Menuju Pantai Depok

Dari arah Kota Yogyakarta, alternatif paling mudah adalah menyusuri Jalan Parangtritis menuju arah Pantai Parangtritis. Setelah melewati TPR (pos retribusi tiket) Pantai Parangtritis, sekitar 1 kilometer kemudian ambil jalan berbelok ke kanan, menyusuri jalan beraspal yang menghubungkan beberapa pantai di sepanjang jalur lintas selatan. Ada beberapa pantai lain yang dilewati sebelum sampai di Pantai Depok. Diantaranya adalah Pantai Parangkusumo dan Pantai Cemara Sewu.

Jalan menuju kesana cukup lebar dan sangat nyaman untuk dilewati kendaraan apapun, sepeda motor, mobil maupun bis berbadan besar. Menyusuri rute yang tidak begitu jauh dari bibir pantai. Semilir angin laut yang memiliki aroma khas menjadi teman perjalanan. Gundukan bukit-bukit pasir yang seringkali disebut dengan istilah Gumuk Pasir terlihat di sisi kanan jalur perjalanan. Gumuk pasir ini seringkali digunakan untuk syuting film, pengambilan gambar untuk video clip musik maupun digunakan untuk aktifitas Sandboarding alias meluncur dengan sebilah papan dari atas gundukan pasir. Sudah terbayang kan serunya?

Gapura masuk menuju Pantai Depok menjadi penanda bahwa kita sudah sampai di lokasi. Tiket masuknya sangat murah. Hanya dengan uang 10.000 rupiah kita sudah bisa menikmati keindahan Pantai Depok Jogja.

 

Apa Yang Menarik di Pantai Depok Jogja?

Pantai Depok Jogja Terlalu Sayang Untuk DIlewatkan
Ikon Pantai Depok Jogja

Daya tarik utama dari pantai ini selain panoramanya pantainya yang indah adalah aktifitas nelayan yang berangkat maupun berlabuh. Sambil kita berjalan-jalan menyusuri pantai, bila tepat waktunya kita bisa ikut melihat kegiatan membongkar muatan perahu para nelayan. Bila ingin lebih jauh berjalan, kita bisa menyewa ATV untuk menyusuri tepian pantai dari ujung ke ujung.

Saat cuaca cerah dan kondisi angin bertiup cukup stabil, ada beberapa pengunjung yang bermain layang-layang di tepian pantai. Sesekali terlihat pesawat aeromodeling melintas di langit di atas Pantai Depok. Sekedar informasi, di dekat Pantai Depok terdapat landasan sepanjang 400 meter yang digunakan untuk aktifitas aeromodeling. Lintasan ini sangat instagramable untuk berfoto juga, jadi tidak heran bila terlihat aktifitas fotografi maupun pre wedding.

Bila perut terasa lapar, puluhan warung makan siap menyajikan menu seafood yang menggoda selera. Tinggal pilih saja mau makan apa, berbagai jenis ikan, kerang, cumi-cumi dan udang siap dimasak sesuai selera.

Sajian Seafood Pantai Depok Jogja
Nikmati Lezatnya Masakan Seafood di Pantai Depok Jogja

Ngomong-ngomong kok saya bisa tahu hal-hal semacam ini sih? Iya dong, sebelum traveling, saya senang mencari referensi destinasi wisata. Salah satunya ada di blog traveloka. Di sana tersedia beragam informasi wisata lengkap yang bisa kita jadikan rekomendasi untuk mengisi liburan kita.

Nah, kalau ingin sensasi makan yang lebih seru, mampirlah ke bangunan besar berwarna biru yang terletak di sebelah barat lokasi parki. Yap, itu adalah bangunan Pasar Ikan Segar. Pasar semi modern yang bersih dan menyediakan berbagai macam jenis ikan tangkapan dan hewan laut lainnya. Harga ikannya cukup murah, kalau pintar menawar bisa juga mendapat harga yang spesial.

Pantai Depok Jogja Sayang Untuk Dilewatkan
Pasar Ikan Segar Pantai Depok Yogyakarta

Ada pemandangan menarik didepan pasar ikan ini. Setiap kali ada pengunjung yang selesai membeli ikan di pasar ini, diluar ada beberapa orang yang menawarkan diri untuk memasakkan ikan belanjaan kita. Lalu kita akan diminta mengikutinya menuju salah satu warung kuliner yang ada di tepian pantai ini. Wah ternyata mereka ini bekerjasama dengan pemilik warung-warung itu untuk mencarikan pembeli. Kita cukup duduk manis menunggu ikan kita selesai dimasak. Lalu cukup membayar biaya bumbu dan jasa memasaknya. Menarik, bukan?

Cara Agar Liburan ke Pantai Depok Jogja Menjadi Lebih Seru 

Jalan-jalan sudah, main layang-layang sudah puas, sewa ATV sudah sampai ujung pantai bolak balik. Apa lagi ya? Santap siang juga sudah membuat perut kenyang. Sepertinya menunggu pemandangan sunset di Pantai Depok ini menjadi sebuah pilihan menarik. Sambil menikmati para nelayan yang mempersiapkan perahu-perahunya untuk kembali berlayar malam nanti.

Aktifitas Nelayan di Pantai Depok Jogja
Menikmati Indahnya Pantai Sambil Mengamati Kegiatan Para Nelayan

Liburan memang menjadi sarana refreshing di sela-sela kesibukan bekerja atau aktifitas lainnya. Apalagi kalau direncanakan jauh-jauh hari bersama keluarga dan sahabat dekat kita. Apa saja sih yang perlu kita persiapkan agar perjalanan kita lebih seru dan menyenangkan?

Beberapa diantaranya adalah;

  • Tentukan dulu waktunya, pilih saat terbaik untuk berlibur terutama dengan mempertimbangkan faktor cuaca.
  • Cari dulu referensi tujuan wisata yang ingin dikunjungi, usahakan dalam satu hari bisa efektif waktu yang digunakan untuk mengunjungi obyek-obyek wisata yang berdekatan.
  • Survey dulu transportasi dan akomodasi yang akan digunakan. Saya selama ini mengandalkan traveloka.com untuk menjadi referensi terbaik saat traveling. Selain karena informasinya yang up to date dan lengkap, Traveloka juga punya layanan baru. Yaitu paket tiket pesawat dan juga hotel dalam satu paket. Sudah tahu juga kan kalau “pesan paket pesawat+hotel” secara bersamaan lebih hemat dibanding pesan terpisah? Hematnya bisa sampai 20% tanpa kode apapun. Asik kan? Hemat biaya!
  • Setelah itu semua beres, kita bisa mulai merencanakan rute wisata yang akan kita tuju berikut acara-acara lain yang seru dan menyenangkan. Tinggal menunggu waktu berangkat dengan hati bahagia.

Sudah jelas kan mengapa Pantai Depok Jogja terlalu sayang untuk dilewatkan? Berlibur ke pantai banyak manfaatnya, udara dan pemandangan pantai yang segar akan membuat pikiran kita lebih fresh lagi. Luangkan waktu ya untuk piknik bersama orang-orang terdekat kita. Karena kebersamaan bersama orang-orang yang kita sayangi itu sangatlah mahal harganya. Tak bisa dinilai dengan apapun di dunia ini. Yuk piknik lagi…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *