Lesson in Life

Mengubah Kamu Menjadi Dirimu

kungfu-panda-quotes-evazahra.comJika kamu hanya mengerjakan apa yang bisa kamu kerjakan,
kamu tidak akan pernah menjadi lebih baik daripada dirimu.
~ Master Shifu ~

Quotes diatas adalah salah satu nasihat yang diberikan oleh Master Shifu pada tokoh Po dalam film Kungfu Panda 3. Film ini adalah salah satu serial film favorit saya yang penuh dengan pelajaran tentang hakekat kehidupan.

Po adalah seekor panda yang menjalani takdirnya menjadi Dragon Warrior yang menjaga keamanan penduduk dan ketentraman kehidupan di sebuah lembah bersama keempat sahabatnya. Mereka didampingi oleh gurunya Master Shifu yang menggantikan Master Oogway.

Po adalah refleksi diri seorang manusia yang tidak sempurna, kadang sok tahu, kadang malas, kadang narsis. Tapi di waktu yang tepat, dibimbing oleh guru dan di lingkungan yang tepat, dia menemukan siapa dirinya sebenarnya, dengan cara menjadi dirinya sendiri. Master Shifu sebagai gurunya pun tak pernah berusaha mengubah Po untuk menjadi seperti dirinya. Dia hanya mengarahkan Po agar bisa mengenali dirinya sendiri. Seperti nasihatnya:

“I’m not trying to turn you into me, I’m trying to turn you into you”

Quotes itu sederhana tapi dalam maknanya. Seringkali kita lupa bila semua manusia adalah spesial, tak perlu menjadi orang lain, cukup menjadi dirinya sendiri dalam versi yang terbaik. Termasuk diri kita ini…

Seberapa sering kita mengabaikan panggilan jiwa? Berapa kali kita berusaha menduplikasi orang lain habis-habisan? Sehingga kita lupa menggali, menemukan dan memaksimalkan kemampuan dan potensi diri untuk menjadi diri kita yang terbaik dan lebih baik dari waktu ke waktu. Yang kita butuhkan adalah berkomunikasi dengan diri sendiri, mencari tahu apa sebenarnya yang menjadi tujuan hidup kita. Komunikasi ini hanya bisa terjalin saat kita mengenal dengan baik diri kita. Kita perlu meluangkan waktu untuk silent, menyepi dari keriuhan notifikasi gadget dan menyempatkan diri untuk ngobrol dengan diri sendiri, dan berdialog dengan Allah.

Kung-Fu-Panda-Quote-2Begitupun sebaliknya, seberapa sering kita ingin mengubah orang lain menjadi seperti yang kita inginkan? Pada keluarga kita, orang-orang spesial dalam hidup kita, sahabat dan teman kita, dan semua yang jalan kehidupannya berpapasan dengan jalan hidup kita? Disaat kita menginginkan orang lain untuk menerima diri kita seutuhnya lengkap dengan keistimewaan dan kelemahan kita, kita justru lupa untuk menerapkannya pada orang lain.

Menjadi sebuah reminder untuk saya pribadi, agar berusaha melihat hal-hal terbaik dari orang-orang yang saya temui. Berusaha menunjukkan sisi terbaik dan keunggulan orang lain, terlebih lagi pada mereka yang mengisi ruang-ruang hati ini. Berusaha mengerti dan memahami bila tak ada manusia yang sempurna, sebagaimana diri saya yang tak sempurna dan menerima mereka dalam paket yang lengkap.

Yuk ah nonton lagi, selalu ada hal baru yang bisa dipelajari.

Regards,

Eva Zahra

5 thoughts on “Mengubah Kamu Menjadi Dirimu

    1. Berasa gimana gitu ada nama2 keren macam Sultan Hasanal Bolkiah yang muncul kasi koment 😀
      Iya mengejar passion bisa menjadi jebakan seumur hidup kalo kita ga menikmatinya. Apalagi berusaha menjadi orang lain, itu bisa jadi siksaan seumur hidup hihihi…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *