Advertorial

Pantai Atuh, Si Cantik Yang Tersimpan di Nusa Penida

Pantai Atuh, Si Cantik Yang Tersimpan di Nusa Penida. Ini dia pantai cantik nan mempesona yang tersembunyi di sebuah teluk di salah satu sisi Nusa Penida. Wisata ke Bali sayang sekali kalau hanya mengunjungi obyek wisata yang sudah umum. Masih banyak pantai dan surga wisata lain yang patut dijelajahi. Salah satunya adalah Pantai Atuh, pantai yang tak kalah indah dibanding obyek wisata Raja Ampat dan Phi Phi Island di Thailand. Terletak di desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

pantai atuh si cantik yang tersimpan di nusa penida
( foto : commons.wikimedia.org )

Kenapa Pantai Atuh masih belum banyak dikenali wisatawan yang traveling ke Bali? Salah satu alasannya adalah karena jaraknya yang cukup jauh dari obyek wisata yang sudah terkenal. Alasan lainnya adalah karena untuk menuju kesana, jalur yang ditempuh cukup ekstrim. Menyusuri tebing berbatas jurang. Pantai keren ini terletak di Pulau Nusa Penida, di sebelah Tenggara Pulau Bali.

Nusa Penida sendiri terletak di sebelah tenggara Pulau Bali. Sedangkan Pantai Atuh ini terletak di sisi Barat Daya Pulau Nusa Penida. Untuk menuju ke pantai ini, sudah pasti kita memerlukan alat transportasi berupa kapal dari pelabuhan di pulau utama untuk menuju kesana. Teman-teman bisa memilih titik start kapal dari Pelabuhan Sanur, Pelabuhan Kusamba Klungkung atau dari Pelabuhan Padang Bai.

Untuk kemudahan transportasi, sebaiknya teman-teman setibanya di Bandara Ngurah Rai Bali, langsung sewa mobil saja keĀ Omocars.com. Hanya butuh waktu sekitar 40 menit dari bandara untuk menuju pelabuhan Sanur. Perjalanan bisa dilanjutkan dengan dengan kapal mesin menuju Nusa Penida.

Pesona Tebing-tebing Batu Pantai Atuh Nusa Penida

Pantai Atuh mempunyai keindahan yang istimewa. Pasir putih terbentang luas, pemandangan dari tebing tinggi yang cantik dan unik yang mengingatkan kita pada keindahan Raja Ampat. Posisi Pantai Atuh yang menghadap ke timur menyuguhkan keindahan pemandangan matahari terbit dipadu dengan bentangan pasir putih bersih serta birunya air laut yang jernih. Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Atuh adalah pagi hari saat matahari terbit.

Jika teman-teman pernah melihat atau mengunjungi Raja Ampat di Sorong, Papua, maka pemandangan yang terlihat dari atas tebing batu Pantai Atuh tidak kalah indahnya dengan pemandangan di sana. Pantai Atuh diapit oleh dua tebing batu yang terkenal dengan nama Tebing Batu Tanjung Juntil dan Tebing Batu Labuan Apuak.

Dari atas tebing ini teman-teman bisa melihat hamparan tebing batu yang terlihat seperti pulau-pulau kecil. Tebing Batu terbesar disana dinamakan Nusa Batu Padasan. Di sebelah tebing batu terbesar yang lebih mirip pulau kecil ini terdapat Tebing Batu Nusa Batu Mategan dan Nusa Batu Abah.

Siapkan Stamina Untuk Menjelajahi Pantai Atuh Nusa Penida

Jalur menuju ke Pantai Atuh ini menuntut kondisi badan yang prima. Karena kontur jalur perjalanannya yang naik turun curam berkelak kelok dan jauh. Tapi saat teman-teman sampai kesana, kelelahan akan terbayar lunas dengan pemandangan yang tersaji disana.

Tips persiapan yang perlu teman-teman antisipasi adalah datanglah saat cuaca sedang cerah, gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman untuk treking karena sayang sekali bila tidak meluangkan waktu untuk berjalan-jalan menjelajahi tebing. Siapkan peralatan dokumentasi yang memadai termasuk baterai yang cukup, karena tak akan ada habisnya keinginan untuk mengambil dokumentasi sebanyak-banyaknya.

Oke, have fun, happy traveling mengunjungi Pantai Atuh, Si Cantik Yang Tersimpan di Nusa Penida, temans…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *