Lesson in Life

Proud To Be A Teacher

Mengajar, bagi Saya adalah sebuah hobby sekaligus passion. Walaupun saya mengajar bukan dalam arti bergabung dengan sebuah sekolah atau instansi tertentu. Karena itulah Saya memaknai istilah “GURU” sebagai sebuah aktifitas berbagi ilmu dimana saja, kapan saja, pada kondisi apapun. Semua orang bisa menjadi GURU bagi orang lain. Namun, ada hal-hal yang perlu dicermati saat Kita mengajarkan sesuatu pada orang lain, baik secara verbal maupun dalam bentuk tindakan.

Pahala ilmu yang bermanfaat akan terus mengalir walaupun Kita sudah meninggal nanti, selama ilmu tersebut diamalkan dan diteruskan oleh orang lain. Bayangkan efek berantai dari ilmu yang Kita ajarkan bila terus berlanjut terus. Dari satu orang, menjadi 2 orang, lalu 4 orang – 8 orang – 16 – 32 dan seterusnya… Berbahagialah bila itu adalah ilmu yang baik dan bermanfaat.

Sekarang coba bayangkan bila yang diajarkan adalah ilmu yang buruk, ilmu yang mengajarkan kesesatan, bahkan ilmu yang membuat orang lain menjauh dari ajaran agama yang benar. Sungguh mengerikan efek berantainya…

Bisa dibuktikan dengan apa yang terjadi saat media di negeri ini gencar memberitakan tindakan asusila dan kejahatan yang terencana lengkap dengan detailnya, infotainment dan film yang tak bermutu diulang-ulang melebihi jadwal waktu sholat. Intensitas berita tak mendidik justru lebih banyak daripada hal-hal baik yang bisa diteladani dan dicontoh oleh pemirsa/pembaca/pendengar media tersebut.

Belum lagi yang terjadi di jaman Social Media ini. Mudah sekali bagi Kita menyuarakan dan menuliskan isi kepala Kita, dan mengutarakan pendapat Kita melalui media Twitter, BBM, Path, Facebook, G+, dan media online yang lain. Cermatilah apa yang Kita share disana. Karena semua yang Kita lakukan akan diminta pertanggungjawaban nya di dunia keabadian nanti.

Maka dari itu, yuk Kita mulai dari diri Kita sendiri, dengan memperbaiki diri dan lingkungan terdekat Kita. Berperilaku, berbicara, dan memberi contoh yang baik pada lingkungan Kita. Berbagi ilmu yang bermanfaat dengan cara masing-masing. Mengamalkan ilmu dengan cara yang baik dan benar.

Karena Kita adalah GURU KEHIDUPAN bagi orang lain. Begitupula orang lain, mereka adalah GURU KEHIDUPAN bagi diri Kita.

Bersikaplah sebagai GURU yang baik, yang menjalankan apa yang dikatakan, memberi teladan yang baik untuk orang-orang di sekitar Kita.

Semoga bermanfaat,

Salam hangat,

@EvaZahraa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *