Lesson in Life, Traveling

Recharge Semangat

Sedang ingin nulis yang santai aja. Kemarin Saya iseng jalan-jalan ke Pasar Beringharjo Jogjakarta, menikmati hiruk pikuk suasana yang terjadi di sana. Ini adalah cara Saya merecharge ulang pemahaman akan arti pembagian rezeki. Sebegitu banyaknya pedagang, kok ya laku semua 😀

Memang, Kita harus yakin bila pembagian rezeki itu adalah hak mutlak dari Allah SWT. Maksudnya, siapa yang berkuasa menggerakkan kaki para pembeli dan menghentikannya di depan salah satu pedagang diantara pedagang-pedagang yang jumlahnya ribuan, sekaligus membuat mereka memutuskan untuk membeli di salah satu pedagang yang ada. Sementara jenis dagangan mereka relatif mirip di tiap-tiap blok.

Bagi yang berprofesi sebagai entrepreneur, pasti sudah merasakan bagaimana harus percaya penuh pada maksud baik Allah, menyerahkan masalah hasil hanya pada Allah, setelah ikhtiar dilakukan dan do’a-do’a sudah dilantunkan.  Bersyukur saat lancar, dan bersabar saat ada hambatan. Hanya menggantungkan harapan pada Sang Pemberi Rezeki. Itulah yang membuat profesi entrepreneur menjadi lebih seru. Perubahan cepat sekali terjadi. Kapanpun, bagaimanapun, harus siap menghadapinya.

Menyaksikan kegiatan ekonomi di sana, mulai dari nenek-nenek penjual dawet hingga ibu-ibu cantik juragan batik, membuat hati Saya lebih mensyukuri apa yang telah Saya miliki. Melihat orang-orang yang bersemangat dalam menjemput rezeki, rasanya malu hati ini bila masih mengeluhkan apa yang sudah dialami.

Itu cerita Saya tentang bagaimana merecharge ulang semangat. Bagaimana dengan Anda?

Semoga bermanfaat,

Salam hangat,

@EvaZahraa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *