Personal Life

Refleks

Happy weekend, Temans… Semoga refreshing hari ini bisa mengendorkan syaraf dan badan yang pegal setelah seminggu ini menjalani rutinitas sehari-hari 😀

REFLEKS… sering diartikan sebagai gerakan atau perbuatan otomatis yang kita lakukan, karena adanya rangsangan tertentu….Tapi Saya tidak akan membahas sisi ilmiahnya disini hihihi…. Ingin ngobrol santai aja tentang beberapa kebiasaan “REFLEKS” yang tanpa sadar kita lakukan sehari-hari. Dan biasanya lucu dan seru bila diingat-ingat.

Tadi pagi, tumben aliran listrik di rumah Saya cuti tanpa ijin (mati listrik) ckckck…. *MenghelaNafasPanjang* #HalahLebay 😀 Dan sebagai manusia yang terjajah dengan gadget dan alat-alat rumah tangga yang menggunakan listrik, selalu saja ada refleks yang mengundang tawa.

Semisal tiba-tiba mengambil charger untuk mengisi baterai handphone, dan masih dengan PD nya nanya, kok tidak bisa nge-charge yaa… 😀 Atau mencolokkan kabel seterika untuk merapikan baju yang akan dipakai… Bisa juga mengambil remote dan mencari channel saluran televisi yang mau di tonton. Dan baru sadar bila listrik mati setelah beberapa saat khilaf hehehe…..

Yang pernah mengalami peristiwa seperti ini ayoooo tunjuk hidung dan nyengir 😀

Untuk hal-hal tertentu, refleks adalah sebuah karunia yang Allah SWT berikan untuk melindungi diri kita. Contohnya: saat seorang ibu yang secara refleks akan melindungi keselamatan anaknya melebihi keselamatannya, atau saat Kita secara refleks memejamkan mata jika ada benda asing yang mengancam mata Kita (misalnya : terancam kena colok tangan orang lain hihihi…)

Seringkali karena terlalu lama terbiasa melakukan suatu perbuatan, Kita tanpa sadar melakukannya secara otomatis. Sama seperti perbuatan nge-charge HP saat listrik mati itu…

Bayangkan bila refleks itu Kita terapkan pada perbuatan-perbuatan yang baik dan bermanfaat, misalnya refleks mengucap syukur saat mendapat rezeki/karunia dari Allah SWT, refleks mengambil air wudhu saat marah, membaca Al Qur’an saat gelisah, curhat pada Allah SWT saat gundah. Apa bedanya dengan kasus nge-charge HP itu?

Bedanya adalah, seringnya dan lamanya Kita melatih diri ini untuk melakukannya secara konsisten dan rutin… Saya yakin, jika kebiasaan ini dilakukan secara terus menerus, sepanjang waktu, maka akan menjadi gerakan refleks yang melekat pada diri Kita. InsyaAllah :))

Saya pun masih dalam proses membiasakan diri melakukan hal-hal yang baik… Walaupun masih sering khilaf juga hehe… Tapi bolehlaah optimis dapat mewujudkannya. Aamiiin… Do’akan akuuu teman-teman 😀

Udah dulu ah sharingnya… Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi ^^

Salam hangat,

 

@EvaZahraa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *