Notes

Resolusi : Trending Topik Tahunan

Ada sebuah joke:

“Resolusi tahun ini adalah menyelesaikan resolusi tahun lalu yang sudah disusun sejak tahun-tahun sebelumnya” 😀

resolusi trending topik tahunanTahun berganti, 2017 datang juga. Apa kabar resolusi 2016? Beres semua atau hanya tercapai sebagian?

Dari tahun ke tahun topik tentang membuat resolusi awal tahun selalu mendominasi isi timeline di sosial media. Seberapa penting ya sebuah resolusi itu? Dan apakah setiap orang harus membuat daftar resolusi ?

Beberapa hal yang menjadi penyebab gagalnya memenuhi resolusi yang sudah dibuat adalah:

  • Menunda-nunda mengerjakan karena merasa masih cukup waktu.
  • Target yang dibuat tidak dipecah menjadi target-target berikut langkah-langkah kecil yang harus dicapai setiap hari.
  • Targetnya tidak terukur dengan jelas (waktu, besaran, caranya dan lain sebagainya)
  • Merasa sudah puas saat menceritakan ambisi dan rencananya pada orang lain, padahal target belum tercapai.
  • Dan lain sebagainya.

Obrolan bareng beberapa teman saya membuat saya berpikir ulang, ternyata memang tidak setiap orang bisa membuat resolusi dengan pola yang sama. Tipe orang kinestetik, visual maupun auditory memiliki perbedaan cara mengingat dan melakukannya.

Ada yang cocok membuat resolusi dalam bentuk dream board berisi gambar-gambar impiannya lengkap dengan waktu perkiraan tercapainya. Ada yang membuat resolusi dalam bentuk serangkaian daftar secara detil dan mengumumkannya pada orang lain. Ada pula yang lebih cocok membuat 1-2 resolusi besar yang dipecah dalam langkah-langkah kecil tiap hari dan mengerjakannya dalam hening tanpa banyak publikasi.

Lalu saya berkaca pada diri sendiri. Yang mana yang paling sesuai untuk saya. Ternyata saya yang bertipe kinestetik, lebih cocok dengan resolusi yang berbentuk 1-2 hal besar, dan melatih diri untuk rutin melakukan langkah-langkah kecil. Disiplin diri, itu tantangan besar saya. Keberhasilan-keberhasilan kecil inilah yang bisa menjadi booster semangat saya.

Begitupula pentingnya diri ini mengajak kerjasama pikiran bawah sadar yang kadang suka seenaknya sendiri. Perlu sering-sering mengajak ngobrol diri sendiri tentang impian dan resolusi yang ingin diraih. Ini pernah saya bahas di artikel yang membahas tentang pentingnya berkomunikasi dengan pikiran bawah sadar. 

Disiplin diri, adalah sebuah rangkaian proses latihan terus menerus. Dari target resolusi besar yang dipecah menjadi bagian-bagian kecil, dilakukan, dan keberasilannya dirasakan dan dikumpulkan, maka target resolusi besar pun akan terwujud.

Tulisan pembuka tahun 2017 ini adalah salah satu cara saya melatih otot disiplin saya. Apa resolusi besar saya? Rahasia 😀 Biarlah saya simpan dan lakukan dalam hening, work hard in silence.

Anda pasti juga punya cara tersendiri dalam membuat resolusi dan mewujudkannya, kan? Lakukan dengan cara anda sendiri. Tak harus sama dengan cara orang lain. 😀

Regards

Eva Zahra

6 thoughts on “Resolusi : Trending Topik Tahunan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *