Lesson in Life

Resonansi Kehidupan

Dalam ilmu fisika, dikenal istilah resonansi… Bisa terjadi saat 2 getaran dengan frekuaensi yg sama berpadu dan saling menguatkan. Bila dikaitkan dengan apa yang terjadi dalam keseharian kita, bisa diibaratkan seperti teman-teman akrab yang berada di sekitar Kita.

Coba sebutkan 5 orang yang paling akrab dengan Anda. Maka orang lain akan bisa menebak sifat Anda. Mengapa? Karena ada kecenderungan kemiripan sifat dari sekumpulan komunitas yang bergaul akrab. Manusia akan cenderung lebih suka berkumpul dengan manusia lain yang mempunyai kesamaan sifat.

Itulah mengapa dalam beberapa komunitas positif, sebagian anggotanya adalah orang-orang yang sama. Istilahnya 4L (Loe Lagi Loe Lagi) hehehe….

Hari ini, Saya menemani beberapa teman dari luar kota yang berkunjung ke Jogjakarta. Setelah Saya perhatikan, memang ada banyak sifat yang mirip. Aktif, gaul, mandiri, positif thinking, suka travelling, gemar bercanda, dan makannya banyak. Yang terakhir harap di abaikan hihihi….

Dan itu baru beberapa yang terlihat, belum “klik” yang seringkali muncul dalam isi obrolan Kami. Bahkan satu sama lain akan menarik Kita untuk berjumpa dan berkenalan dengan teman-teman baru yang mempunyai beberapa sifat yang mirip juga.

Itulah mengapa Kita dianjurkan untuk bergerak berjama’ah. Bayangkan kekuatan dan percepatan yang terjadi saat suatu komunitas melakukan suatu gerakan secara berjama’ah. Efek yang terjadi pastilah luar biasa.

Jika jama’ah yang berkumpul bersifat positif, berisi jama’ah yang baik sifatnya dan bersama-sama melakukan hal yang mulia, alangkah indahnya akibat yang ditimbulkan.

Namun betapa mengerikannya akibat yang terjadi bila ini diterapkan oleh sekumpulan orang dengan akhlak yang buruk dan maksud yang merusak. Lihatlah apa yg sudah banyak terjadi di negara ini… Korupsi berjama’ah, manipulasi peraturan, bahkan menimbulkan keresahan dan mengadu domba antar umat beragama.

Mulailah untuk memilah dan memilih komunitas seperti apa yang ingin Kita masuki. Pilihlah kegiatan berjama’ah yang membaikkan hidup Kita, yang membuat Kita lebih mendekat padaNYA.

Semoga bermanfaat ^^

Salam hangat,

@EvaZahraa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *