Life

Rumah Spiritual

Rumah seperti apa yang menjadi impian Anda? Coba bayangkan kembali…. Setiap orang pasti mempunyai rumah impian. Rumah impian Saya adalah rumah yang berkonsep EcoGreen namun tetap modern. Desain bangunan serasi dengan alam, terbuat dari material yang kokoh, mengadopsi model rumah jepang yang identik dengan pintu geser dan taman yang indah.

Perabotan di dalam rumah menganut konsep modern, dengan model yang simple namun lengkap.  Sangat memudahkan dan meringankan tugas Saya dalam merawat, mensupport dan membahagiakan keluarga Saya.

Rumah itu berada di tengah halaman yang luas, menghijau oleh tetumbuhan yang sehat, segar dan asri. Di kanan kiri terdapat kolam ikan yang bening, berisi beberapa ikan koi yang bergerak anggun. Ditimpali suara gemericik air yang jatuh dari pancuran yang terbuat dari bambu. Dan di pojok halaman, di tempat yang paling asri berdiri mushola kecil yang sarat aktifitas ibadah yang menyejukkan hati.

Bila di ibaratkan dengan konsep spiritual, rumah yang kokoh ibarat ibadah wajib yang Kita laksanakan dan Kita dirikan. Semakin bagus kualitas ibadah wajib Kita, makin kokoh dan kuatlah rumah spiritual Kita.

Perabotan yang ada melengkapi rumah itu diibaratkan ibadah sunnah yang Kita lakukan. Semakin banyak dan baik kualitas ibadah sunnah Kita, maka makin bagus dan makin lengkaplah perabotan yang ada yang akan memperindah rumah spiritual Kita.

Lingkungan yang bersih, taman dan kolam yang indah, asri dan  terawat adalah bentuk penjagaan Kita pada perilaku yang baik, perkataan dan sikap yang baik, yang Kita pilih untuk Kita lakukan sehari-hari.

Bila Kita hanya fokus memperbanyak yang sunnah namun tidak menjaga yang wajib, ibarat membeli perabot dan perlengkapan rumah, namun tak merawat kondisi rumahnya. Bisa-bisa rumah itu nanti bocor waktu hujan, banyak bagian yang bolong-bolong dan rusak. Sehingga perabot indah yang Kita simpan pun akan ikut menjadi rusak.

Rumah yang indah dan lengkap perabotnya, namun lingkungan dan tamannya kotor tak terawat, bisa di ibaratkan Kita rajin beribadah namun tak menjaga perilaku Kita, berlaku yang tidak terpuji, tak menjaga kata-kata yang keluar dari mulut Kita, sering menyakiti hati orang lain.

Pemandangan indah dari kesatuan rumah, perabot dan taman yang asri adalah hasil dari perpaduan ibadah wajib, ibadah sunnah dan perilaku yang baik kualitasnya, sehingga mewujud dalam kehidupan dan menjadi karakter kepribadian Kita sehari-hari.

Alangkah indahnya jika Kita bisa mewujudkan rumah impian kita sekaligus mewujudkan rumah spiritual Kita…

Butuh tekad yang kuat, hati yang teguh, konsistensi, sekaligus dukungan dari orang-orang di sekitar Kita. Keluarga, sahabat, relasi dan teman yang Kita pilih untuk menemani perjalanan kehidupan Kita ini.

Bareng-bareng yuk Kita wujudkan impian itu dalam kehidupan Kita masing-masing… Semoga Allah SWT meridhoi usaha Kita semua. Aamiiin ^^

Semoga bermanfaat,

Salam Hangat,

 

@EvaZahraa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *