Kehidupan

SOUL HEALING

Saya baru mendengar istilah ini dari salah seorang sahabat Saya. Beliau menuturkan bila sudah beberapa waktu menjalankan proses Soul Healing untuk menyelesaikan akar-akar masalah yang masih belum tuntas dalam hidup beliau.

Banyak kisah yang pernah Saya baca, bahwa terkadang sebuah masalah yang belum terselesaikan di masa lalu seringkali menghambat diri Kita untuk maju/move on. Sehingga saran yang dianjurkan adalah mencari tahu, apakah di masa lalu masih ada “hutang” untuk menyelesaikan sebuah masalah.

Sahabat Saya menuturkan, ada 3 hal yang beliau lakukan.
1. Memaafkan diri sendiri
2. Memaafkan orang lain
3. Memaafkan keadaan

Saya pribadi mengartikan konsep ini seperti halnya konsep “Mengikhlaskan Yang Sudah Terjadi”.

Banyak orang yang sampai sekarang masih membawa “dendam” masa lalu. Masih belum bisa memaafkan kesalahan orang lain yang sudah lama berlalu. Yang membuat dirinya menghambat kebahagiaannya karena terus menerus mengingat-ingat kronologi kejadiannya. Sementara orang lain itu sudah melupakan kejadian tersebut.

Ini diperparah lagi saat dirinya belum bisa memaafkan kesalahan yang telah dia lakukan di masa lalu dan masih menyalahkan keadaan saat itu. Dan hal ini sangatlah membebani kehidupannya di masa kini.

Apapun nama metode move on nya… Intinya adalah Yesterday was History. Ambil hikmah dan pelajarannya. Relakan dan maafkan yang sudah terjadi. Fokuslah pada hari ini demi masa depan.

Semoga Bermanfaat,

Salam Hangat,

@EvaZahraa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *