Review

Sudahkah Pikiran Bawah Sadar Kita Memahami Impian Kita?

Seberapa sering kita bercerita kepada orang lain tentang impian kita? Bercerita secara langsung di dunia nyata, bercerita dengan perantara chat dengan alat komunikasi yang ada, atau sekedar menulis status di jejaring sosial tentang impian dan keinginan kita.

sudahkah pikiran bawah sadar kita memahami impian kita

Lalu, berapa banyak keinginan dan impian yang segera kita wujudkan dengan melakukan langkah kecil dan konsisten? Berapa banyak yang akhirnya hanya sekedar menjadi ucapan dan tulisan lalu terlupakan karena kita teralihkan fokusnya?

Ini adalah sebuah refleksi diri atas diri saya sendiri yang diingatkan dari beberapa arah, tentang riwayat perjalanan keinginan dan impian saya yang sebagian macet sampai di kata-kata dan tulisan saja. Jangan-jangan subconscious mind (pikiran bawah sadar) saya malah belum saya ajak kerjasama dan tidak paham dengan keinginan dan impian saya sendiri. Sehingga muncullah sabotase dari dalam diri.

memahami impian kita

Sabtu pagi hingga sore ini saya reseat dalam sebuah workshop yang diadakan oleh Mas Ifan Winarno, yang membahas tentang kehidupan ditinjau dari ilmu fisika quantum.

Wuih kayaknya serius sekali temanya. Tenang, nggak usah ngeri dulu… Ini bukan serumit pelajaran fisika jaman SMA dulu 😀 Yang dipelajari disini salah satunya adalah bahwa “Everything is Connected”. Segala sesuatu itu saling terhubung.

Ada banyak hal selain materi itu yang dibahas, tapi saya tertarik untuk mencermati bagian mengapa kita sendiri yang kadang mensabotase impian hidup kita dengan berbagai cara, seperti muncul keraguan, penundaan, alasan, pengalihan fokus dan sebagainya yang intinya mendebat dan menghambat langkah kita sendiri. Jangan-jangan sebenarnya pikiran terdalam kita belum memahami betul apa yang kita inginkan.

pikiran bawah sadar kita memahami impian kita

Berdamai dengan diri sendiri. Mungkin ini bisa menjadi kalimat yang tepat untuk menjelaskannya. Begitu sering kita berbicara dengan orang lain, hingga lupa mengajak bicara dengan jiwa di dalam diri. Banyak hal yang perlu didamaikan di dalam diri ini, termasuk ridho dengan masa lalu, ridho dengan saat ini dan ridho menyongsong anugerah/rezeki yang akan menjelang.

Sering-seringlah ajak ngobrol diri kita ini, jika ada rasa tidak nyaman pada tubuh yang muncul saat itu, cari tahu sebabnya dan segera selesaikan. Ada sebuah metode yang berhubungan dengan hal ini. Namanya “metode merusak memory” tapi tidak akan saya bahas sekarang 😀

Yuk sering-sering ceritakan dan ucapkan sejelas mungkin tanpa jeda impian-impian kita, jangan ada blank, negatif thinking dan keraguan didalamnya. Lakukan berkali-kali hingga tak ada lagi self talk yang mengatakan “Tapi kan…” dan segala respon pikiran yang meragukan impian kita.

Semoga bermanfaat,

 

Regards,

Eva Zahra

 

 

 

5 thoughts on “Sudahkah Pikiran Bawah Sadar Kita Memahami Impian Kita?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *