Life

Tantangan Kampoeng Kata

Kampoeng kata adalah sebuah komunitas menulis secara online yang diadakan melalui media komunikasi whatsapp. Komunitas yang menjadi wadah bagi puluhan orang yang ingin belajar menulis bareng, saling berbagi link hasil tulisan, sekaligus ajang untuk memberi saran pada hasil karya orang lain.

Beberapa hari yang lalu kami mengadakan lomba menulis 3 artikel dalam sehari yang cerita lengkapnya bisa  disimak di sini . Ada sekitar 7 orang yang mengikuti tantangan itu. Tantangan waktu itu berhadiah pulsa telpon dalam jumlah nominal tertentu. Lumayanlah buat penyemangat saat mengikuti lomba hehe…

Minggu ini, kembali grup Kampoeng Kata membuat tantangan baru untuk anggota-anggotanya. Kali ini lebih seru lagi, yaitu tantangan untuk konsisten menulis selama 15 hari, dan membagikan linknya di grup untuk di nilai dan dikomentari. Sudah ada 10 orang yang mendaftarkan diri untuk mengikuti tantangan ini. Hadiah kali ini cukup menggiurkan sodara-sodara.

Rencananya, tantangan ini menyediakan reward berupa:
Juara 1 akan mendapatkan hadiah Domain + Hosting website berbasis dot.com
Juara 2 akan mendapatkan hadiah Domain berbasis dot.com.
Juara 3 akan mendapatkan hadiah premium web theme Raisa

Terlepas dari semangat untuk berkompetisi mengikuti tantangan tersebut, menurut saya tantangan konsisten menulis selama 15 hari ini sangat bagus untuk membentuk sebuah kebiasaan baru. Secara teori, kebiasaan baru akan terbentuk setelah dilakukan secara konsisten selama 21-40 hari. Jadi setelah 15 hari nanti, teruskan kegiatannya selama minimal seminggu lagi.

Proses membentuk sebuah habit baru akan lebih mudah bila dilakukan bersama-sama teman satu komunitas. Akan lebih terasa semangatnya dan terpacu untuk mendisiplinkan diri. Yah walaupun ada pula dorongan rasa gengsi kalau tidak bisa konsisten menjalaninya. Kembali lagi ke niat awal dan pilihan tindakan dari masing-masing pesertanya.

Lomba akan dimulai besok pagi, 16 April 2015. Semoga saya berhasil istiqomah menjalaninya hingga paripurna nanti. Do’akan saya teman-teman 😀

Sampai jumpa di postingan saya berikutnya…

@EvaZahraa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *