Life

Tiga Kekuatan Dalam Kehidupan

Dalam diri kita ada 3 kekuatan yang jika bersatu akan menghasilkan keseimbangan untuk selalu berpikir positif tentang hidup dan kehidupan. Jika ketiga kekuatan itu dipisahkan maka akan sangat mudah mengundang pikiran negatif yang bisa menjadi pembunuh mimpi, pemusnah harapan dan pengganggu kesehatan jiwa dan raga kita.

Kekuatan itu adalah: Kekuatan untuk untuk mengambil KEPUTUSAN, kekuatan untuk MEMILIH sebuah tindakan, dan kekuatan untuk BERTANGGUNG JAWAB atas keputusan dan pilihan yang kita ambil.

Diri kita hari ini adalah hasil keputusan di hari kemarin.

Diri kita besok adalah hasil keputusan di hari ini.

Kemana arah pikiran kita difokuskan adalah hasil dari KEPUTUSAN kita sendiri. Mau fokus pada solusi atau fokus pada masalah? Mau fokus pada apa yang kita inginkan atau pada apa yang tidak kita inginkan? Mau fokus pada hal yang baik atau pada hal yang buruk? Mau menjalani kehidupan dengan rasa syukur atau dengan mengeluh? Semua itu berawal dari sebuah keputusan yang kita ambil. Bila kita sudah mengambil keputusan, maka kita akan dihadapkan pada kekuatan berikutnya yaitu kekuatan untuk MEMILIH.

Kehidupan kita ibarat sebuah restoran dengan bermacam menu yang dihidangkan. Menu-menu itu berisi pilihan tindakan yang bisa kita ambil. Tepat tidaknya dalam memilih sebuah tindakan seringkali didasari oleh pengetahuan yang kita miliki, lingkungan tempat kita menghabiskan waktu untuk berinteraksi dan habit (kebiasaan) yang sudah terbiasa kita lakukan.

Setiap pilihan yang sudah kita ambil akan ada konsekuensinya. Selalu ada akibat dari tindakan yang sudah kita pilih untuk dilakukan. Memilih untuk terus merokok berakibat pada rusaknya kesehatan paru-paru kita. Memilih untuk menjaga amanah akan membuat orang lain percaya pada diri kita. Memilih untuk rajin berolahraga dengan benar akan berakibat pada sehatnya badan kita. Dan masih banyak lagi contohnya.

Apakah efek pilihan itu berlaku mutlak? Tentu tidak… kita selalu punya pilihan, mau bertahan tetap pada kondisi saat ini atau bergerak untuk memperbaiki pilihan yang sudah kita ambil. Lakukan hal yang sama pada setiap aspek dalam kehidupan kita, aspek pribadi, keluarga, sosial, profesi, karir, finansial dan lain sebagainya. Karena hal ini akan mengantarkan kita pada kekuatan berikutnya. Kekuatan untuk BERTANGGUNG JAWAB atas keputusan dan pilihan yang sudah kita ambil.

Banyak orang yang menyadari keputusan dan pilihan yang sudah diambilnya. Tapi tidak semua orang siap untuk bertanggung jawab pada keputusan dan pilihannya. Orang-orang yang tidak siap bertanggung jawab ini biasanya akan menyalahkan pihak lain atas apa yang dia alami, mengkritik orang lain dan mulai membanding-bandingkan. Sementara orang yang siap bertanggung jawab atas keputusan dan pilihannya akan mengambil pelajaran, mengevaluasi diri dan terus berusaha untuk menjadi lebih baik lagi. Bertanggung jawab penuh-lah pada apapun kondisi dan kesulitan yang kita alami.

Setelah memaksimalkan ketiga kekuatan tersebut, lalu apa yang selanjutnya kita lakukan?

TAWAKKAL…

Lingkaran kuasa manusia ada pada kemampuan melakukan usaha dan do’a. Selanjutnya, hanya bisa berserah pada Allah untuk membimbing kita ke jalan yang benar menuju kehidupan yang mulia.

Sebuah renungan dan introspeksi bagi diri saya sendiri. Semoga bisa anda ambil manfaatnya.

Salam,

@EvaZahraa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *