Review

Untuk Yang Senang Traveling, Kenapa Tidak Coba Bisnis Travel Online? Ini Dia Tips Untuk Memulai Bisnisnya!

Bagi Anda yang senang berpetualang dan merasakan hal seru di tempat baru, pernahkah terpikir untuk merintis bisnis travel online? Tentu tidak ada salahnya jika kita merintis bisnis yang sesuai dengan passion kita, bukan?

Apalagi bisnis travel online ini pada dasarnya hanya memanfaatkan sistem online dan juga perangkat pendukung lainnya seperti komputer, koneksi internet dan lain-lain. Meskipun terlihat mudah, namun ada banyak hal yang harus diperhatikan lho ketika mau memulai bisnis travel online agar bisa sukses. Apa saja?

 

  1. Pahami dan Senangi Dunia Traveling

Menjalani bisnis di suatu bidang tidak akan lengkap rasanya jika tidak memahami bidang bisnis tersebut. Untuk bisnis travel, sebaiknya Anda juga termasuk yang menyukai travelling. Sama seperti calon konsumen Anda. Dengan begitu, Anda akan paham bagaimana dan apa saja kebutuhan konsumen sebagai seorang traveller. Sehingga akan timbul kecocokan antara Anda dengan para konsumen.

 

  1. Komponen dan Perlengkapan Bisnis

Komponen disini tentunya berguna sebagai pendukung bisnis travel online. Karena bisnis ini berada dalam sistem online, maka perangkat komputer dan koneksi internet menjadi wajib dimiliki. Selain itu, perangkat lunak atau software juga sangat diperlukan untuk membantu pengerjaan bisnis lebih efisien, misalnya menggunakan software penjualan yang dapat memudahkan pemesanan tiket via online dan juga membantu proses administrasi. Software ini merupakan salah satu produk software yang menggunakan sistem ERP yang kini sudah banyak dipakai di perusahaan.

 

  1. Memberikan Penawaran yang Menarik Bagi Konsumen

Bisnis travel online seperti ini pasti memiliki banyak saingan, oleh karena itu perlu strategi khusus untuk menarik konsumen misalnya melalui promosi atau penawaran paket wisata yang lebih murah. Harga promo atau potongan harga ini bisa juga diberikan disaat momen tertentu misalnya ketika hari raya atau hari libur nasional lainnya dimana biasanya para pelancong banyak memanfaatkan waktu libur untuk bepergian.

 

  1. Perluas Jaringan dan Relasi

Meskipun kelihatannya bisnis ini mudah, namun pada dasarnya kita tidak bisa melakukan bisnis sendirian. Kita akan selalu memerlukan bantuan dari pihak lain. Misalnya dari relasi bisnis untuk diajak kerja sama dalam rangka memperluas jaringan atau dari pihak digital agency indonesia untuk membantu menjalankan marketing digital agar bisnis travel online dapat lebih dikenal dan populer di dunia digital. Bisa juga Anda mencari investor dengan harapan dapat membantu bisnis travel online Anda menjadi lebih luas aktivitas bisnisnya.

 

  1. Memberikan Pelayanan Untuk Konsumen Sebaik Mungkin

Pelayanan adalah hal penting dalam suatu bisnis. Dengan pelayanan yang baik, tentu bisnis Anda juga akan mendapat respon dan penilaian yang baik dari konsumen. Maksimalkan layanan customer service dengan memberikan respon yang cepat terhadap setiap keluhan atau permintaan konsumen.

 

Kunci utama dalam menjalani bisnis apapun adalah kesungguhan dan kerja keras. Jika Anda adalah seorang traveller sejati ditambah menyukai tantangan, bisnis travel online mungkin bisa menjadi bisnis yang cukup menantang namun menyenangkan untuk dijalankan. Mengingat kebutuhan traveller akan aplikasi travel online juga semakin besar terutama di era digital seperti sekarang. Tertarik untuk coba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *