Lesson in Life

You’re More Beautiful Than You Think

What you think of yourself is much more important than what people think of you

Nonton film adalah salah satu hobby saya. Film yang saya suka adalah film yang menginspirasi dan mempunyai pesan moral positif di dalamnya. Dan film itu tidak banyak adegan berdarah-darah, tidak ada hantu-hantu horor didalamnya (terutama hantu lokal yang nggak banget deh penampilannya). Hadeeeh banyak kali syaratnya 😀

Biasanya saya nonton film layar lebar bareng sahabat-sahabat saya di cineplex. Nonton film memang lebih seru kalau rame-rame hehe… Selain film layar lebar, banyak juga film pendek (short movies) yang sarat dengan hikmah untuk direnungkan dan bisa saya temukan melalui media YouTube. Film-film pendek ini sebagian adalah sebuah media  iklan dari suatu produk barang ataupun jasa. Durasinya mungkin hanya beberapa menit, tapi pesan moralnya sangat dalam.

Salah satu film pendek yang menarik perhatian saya berjudul “You’re More Beautiful Than You Think” yang merupakan sebuah iklan produk dengan mengangkat tema bagaimana wanita memandang dirinya sendiri. Video itu bisa dilihat di link yang ada di sini .

Film pendek ini berkisah tentang beberapa wanita yang diundang datang  ke suatu gedung untuk menjalani sesi wawancara. Disana telah menunggu seorang Forensic Artist yang telah dilatih oleh FBI (Federal Bureau Investigation) / Biro Penyelidik Federal di Amerika Serikat untuk membantu tugas-tugas pihak kepolisian. Salah satu keahlian seorang Forensic Artist adalah membuat sketch wajah seseorang berdasarkan data-data tanpa harus melihat wajah asli orang tersebut.

You-are-beautiful-2

Beberapa wanita itu diwawancarai oleh Forensic Artist yang ruangannya dipisahkan oleh tabir, sehingga Forensic Artist ini tak melihat wajah asli wanita-wanita ini. Pertanyaan-pertanyaan yang diberikan adalah tentang bagaimana wanita ini menjelaskan gambaran wajahnya menurut persepsinya.

You-are-beautiful-3

Setelah Forensic Artist ini berhasil membuat sketch wajahnya, wanita ini kemudian pergi dari ruangan itu tanpa sempat bertatap muka dengan Forensic Artist ini.

Di luar ruangan, satu persatu wanita-wanita ditemui oleh anggota tim pewawancara lain untuk diajak ngobrol secara langsung dengan maksud untuk lebih mengenal kepribadian mereka.

Setelah beberapa saat, anggota tim yang bertugas mengajak ngobrol ini kemudian menggambarkan persepsi mereka tentang wajah dan kepribadian wanita-wanita ini pada sang forensic artist. Sehingga akan diperoleh 2 buah sketch dengan obyek wajah wanita yang sama. Sketch pertama adalah hasil penggambaran wajah dari wanita itu sendiri atas dirinya. Sketch kedua adalah hasil penggambaran wajah dari wanita itu berdasarkan penilaian orang lain.

You-are-beautiful-4

Sketch yang sebelah kiri adalah sketch wajah yang dihasilkan berdasarkan penilaian dari diri wanita itu sendiri. Sketch yang sebelah kanan adalah sketch wajah berdasarkan penilaian orang lain. Ternyata ada perbedaan besar pada sketch yang dihasilkan. Sketch yang sebelah kiri terlihat lebih suram, sketch yang sebelah kanan terlihat lebih menyenangkan.

Forensic artist itu menjelaskan bahwa betapa wanita-wanita itu lebih fokus melihat keburukan dan sisi negatif dari dirinya saat menggambarkan siapa dirinya. Dan betapa orang lain lebih mampu melihat sisi positif dari wanita-wanita itu saat menggambarkan wajah dan kepribadian mereka.

Saat semua sketch sudah jadi, forensic artist itu memajang semua sketchnya secara berdampingan. Kemudian dia mengundang satu persatu wanita pemilik wajah dalam sketch itu untuk datang dan melihat hasilnya.

You-are-beautiful-5

Terkadang seorang wanita terlalu kejam dalam menilai dirinya sendiri. Dia kurang mencintai dan menghargai dirinya. Sehingga tidak dapat melihat kecantikan dan keunggulan yang ada pada dirinya. Butuh orang lain untuk menunjukkan bahwa dirinya itu cantik dan berharga. Namun kadang pula dia terjebak dalam sebuah hubungan sosial yang justru makin membuatnya terpuruk dan buta pada sisi positifnya.

You-are-beautiful-6

Carilah hubungan sosial dan lingkungan yang membuatmu tumbuh berkembang semakin indah dan cantik wahai wanita. Mendekatlah pada mereka yang menghargai, menghormati dan membantumu melihat sisi positif dari dirimu. Sehingga dirimu dan pribadimu tumbuh semakin baik, dengan cara yang baik, dari waktu ke waktu. Karena dirimu sangat berharga dan dirimu berhak untuk sukses dan bahagia.

Menjauhlah dari orang-orang yang hanya membuatmu kehilangan harga diri, dari lingkungan yang menghambat kebaikan dan pertumbuhan pribadimu menjadi semakin baik. Abaikan mereka yang membuatmu kehilangan rasa bangga dan berharga akan hadirnya dirimu dan peranmu di dunia.

Bekali dirimu dengan ilmu agama yang cukup, sehingga dirimu mempunyai cukup ilmu, cukup persiapan untuk menjalani kehidupanmu dengan baik. Jagalah lingkungan pergaulanmu agar selalu berjalan di jalanNYA. Jalani hidupmu untuk menggapai ridhoNYA.

 

21 April, hari Kartini. Semoga wanita Indonesia makin menyadari bahwa dirinya berharga.

Salam hangat,

@EvaZahra

2 thoughts on “You’re More Beautiful Than You Think

    1. Karena wanita senang disanjubg dan merasa istimewa hahaha… Harus pinter2an mengelola perasaan aja biar tetap menginjak bumi 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *