Etika Menonton Film Bioskop Yang Perlu Dipahami

Etika Menonton Film Bioskop Yang Perlu Dipahami

Refreshing dengan menonton film di bioskop adalah salah satu kegemaran saya. Selain traveling dan decluttering isi rumah. Ya, meskipun menonton film di bioskop ini tidak sampai ke taraf kecanduan. Sekedar untuk bersenang-senang menikmati film dari genre yang saya suka. Tidak harus menunggu pergi bareng-bareng keluarga atau bersama sahabat dan teman akrab. Me time, nonton film di bioskop sendirianpun menjadi aktifitas yang menyenangkan bagi saya.

Ada sensasi yang berbeda saat menonton film di bioskop dibandingkan menonton film di rumah. Dari segi suasananya, kualitas sound systemnya, bentuk dan lebar layar yang membuat adegan film lebih terasa nyata, hingga special effect lainnya.

Apalagi sekarang sudah banyak bioskop modern dengan fasilitas yang membuat penontonnya lebih nyaman. Tinggal sesuaikan dengan kebutuhan saja. Mau dimana, harga berapa, film apa, dengan siapa dan jam berapa. Semua pilihan tersedia. Enak kan?

pahami etika menonton film di bioskop
Lobby @flixcinemaid

Yang kita nggak bisa milih adalah, siapa saja dan seperti apa karakter orang yang ada di dalam ruangan tempat kita menonton film itu. Kecuali kita sewa satu hall khusus untuk kita sendiri. Sultan mah bebaaaaaas…. 😀  

Nah, bisa jadi kita suatu ketika bertemu dengan tipe penonton yang kurang paham etika. Padahal menonton film di bioskop pun ada etikanya. Ada penonton yang suka mondar-mandir ke toilet, ngobrol dengan suara keras, main handphone terus atau gerakan kakinya mengganggu penonton di sebelahnya.

Supaya kita tidak melakukan hal yang sama, pahami dulu peraturan menonton film bioskop. Biasanya peraturan bioskop, batas usia penonton film tertentu, larangan di bioskop sudah ada di lobby. Bahkan sebagian ditayangkan di layar sesaat sebelum film dimulai. Tapi mungkin tidak semua penonton sempat membacanya

Etika Menonton Film Di Bioskop

Silver Hall @flixcinemaid

Beberapa etika di bawah ini ada baiknya dipahami sebelum pergi menonton bioskop. Ya paling tidak demi kebaikan kita sendiri.

  1. Datang tepat waktu.
    Saat kita datang terlambat, sebenarnya kita sudah mengganggu kenyamanan penonton lain. Nggak asik banget, saat film sudah dimulai, lalu ada orang yang melintas di depan kita. Sementara kondisi ruangan sudah gelap dan jarak antara baris kursi tidak begitu lebar.
  2. Gadget termasuk handphone selain di silent mode, sebaiknya tidak digunakan di dalam ruangan bioskop. Cahaya yang memancar dari layar gadget bisa mengganggu konsentrasi penonton di sebelah kita. Lagipula kita datang untuk menikmati film, bukan untuk bermain hantu-hantuan dengan bantuan cahaya layar handphone. 😀
  3. Jangan bawa anak-anak yang masih belum bisa diajak kerjasama untuk menjaga kenyamanan penonton lain. Sesuaikan pilihan dengan batas umur anak yang diijinkan untuk menonton sebuah film. Apalagi jika anak itu masih usia bayi atau balita yang telinganya belum siap menerima suara menggelegar.
  4. Selesaikan hajat di toilet sebelum film dimulai. Mondar-mandir ke toilet saat film sudah dimulai itu mengganggu penonton lain. Meskipun minta ijin “Permisi mbak, permisi mas…” kalau berulang kali, orang lain bagaikan mengalami gerhana matahari yang nggak rampung-rampung. 😀
  5. Jika sudah pernah menonton film itu, hindari memberikan komentar bernada spoiler yang mengurangi keseruan penonton lain. Begitu juga saat ngobrol dengan teman, jaga volume suara agar tidak mengganggu konsentrasi penonton lain.
  6. Letakkan kaki di bawah kursi kita sendiri, bukan dilengan kursi atau di atas sandaran kursi penonton lain. Selain tidak sopan, gerakan kaki yang tidak pada tempatnya mengganggu penonton lain.
  7. Dilarang merekam film di dalam bioskop. Ada undang-undang perlindungan hak cipta yang bisa membuat kita berurusan dengan hukum.
  8. Bioskop itu ruangan publik, apalagi di Indonesia yang punya etika dan tatakrama. Hindari bertingkah laku asusila, peluk, cium, grepe-grepe bermesraan yang berlebihan di dalam ruangan bioskop. Malu kalau nggak ada bedanya  dengan kelakuan kucing… 
  9. Jangan membawa makanan yang beraroma tajam ke dalam ruangan bioskop. Tidak setiap orang nyaman dengan bau makanan atau minuman yang menyengat. Apalagi durian, jengkol, petai, dan teman-temannya (eh itu sih saya yang tidak suka).
  10. Oiya, kalau sudah selesai makan, sampahnya tolong dibawa keluar ya. Jadilah penonton yang mempunyai toleransi pada petugas kebersihan ruangan bioskop.

Itu dulu deh dipahami dan dilakukan, mulai dari diri kita sendiri sebelum kita menyalahkan orang lain. Setelah itu, yuk deh kita pilih mau nonton di bioskop mana.

Flix Cinema, Bioskop Milenial

Platinum Hall @flixcinemaid

Ada pilihan bioskop modern dengan fasilitas yang mengesankan. Salah satu yang perlu dicoba adalah Flix Cinema. Jaringan bioskop dari perusahaan property Agung Sedayu Grup ini baru bisa dinikmati di PIK Avenue Mall, Jakarta Utara dan Grand Galaxy Park, Bekasi.

Apa saja keistimewaannya?

Banyaaak… Diantaranya adalah kemudahan memilih judul film sesuai jadwal flix yang bisa diakses secara online. Pilih bioskopnya, pilih film, nomor kursi, tipe studio dan waktu sesuai dengan yang kita inginkan. Tidak perlu antri lagi, menghemat waktu. Jika sudah membayar dan mendapat bukti pemesanan tiket, kita tinggal datang sesuai  dengan jadwal yang kita pilih.

Keistimewaan lainnya adalah tema Fantasy, Live, Innovation and ultimate eXperience, membuat Flix Cinema pas untuk tempat hang out. Suasana yang instagramable, tersedia juga beragam makanan dan minuman untuk dinikmati sambil melihat film favorit kita.

Di Flix Cinema PIK Avenue Mall, tersedia tiga tipe studio (hall) yang bisa dipilih, yaitu silver, gold dan platinum.

  • Silver hall memiliki harga yang bersahabat, jenis kursi yang ergonomis, nyaman sesuai bentuk badan. Kualitas suara Dolby Digital Theatre System (DTSX) dengan teknologi nova audio.
  • Gold hall, memiliki tambahan pilihan kursi dengan fasilitas reclining seat, sandaran bisa diatur kemiringannya dan tersedia USB port untuk mengisi daya handphone kita.
  • Platinum hall, selain fasilitas yang sudah ada di gold hall, juga mendapatkan keistimewaan lain yaitu reclining seat untuk pasangan dan meja untuk tempat makanan minuman dan selimut hangat.

Menggoda sekali ya kenyamanan dan keistimewaan layanan yang disediakan oleh Flix Cinema? Duh jadi kepengen nonton film disana…

Sip…etika menonton film bioskop sudah dipahami, lalu apalagi? Okedeh, buat yang sudah tidak sabar ingin menikmatinya, buruan deh atur waktu dan segera pesan seat mumpung ada banyak pilihan film yang menarik di Flix Cinema.

Have fun… ^^

45 Replies to “Etika Menonton Film Bioskop Yang Perlu Dipahami”

  1. Iya nih kadang suka terganggu kalau ada yang telat masuk, apalagi kalau pas duduk di depan kita. Rasanya bikin garuk yang nggak gatel…

  2. suka kesel kalo liat orangtua ngajak BATITA kestudio,.. apa ga kasihan yaa sama anaknya yang masih kecil harus mendengarkan suara film yang lumayan kenceng,.. belum lagi kalo tuh balita nangis……………

Leave a Reply to evazahra Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *