Memilih Ilustrasi Buku Menjadi Lebih Mudah Dengan Shutterstock

Memilih Ilustrasi Buku Menjadi Lebih Mudah Dengan Shutterstock

Beberapa waktu yang lalu saya membantu proses penerbitan buku dari seorang sahabat. Dia saya kenal di sebuah workshop untuk para penulis buku pemula. Namanya mbak Novi Ernawati. Dia adalah seorang penyintas (survivor) kanker rectum (usus besar).

gejala-kanker-rektum
Gejala dan proses pengobatan kanker rektum
(source : Shutterstock.com)

Bukan cuma sekali dia mengalaminya. Tapi dua kali dengan level keganasan yang sama. Kedua serangan kanker ganas itu terjadi dengan jeda waktu 16 tahun. Termasuk dalam kasus langka di dunia. Hanya sedikit sekali yang bisa bertahan hidup setelah mengalaminya.

Serangan pertama terjadi tahun 1997. Saat itu setelah menjalani operasi pengangkatan sebagian usus yang terkena kanker, dia menjalani proses kemoterapi. Lima tahun kemudian setelah menjalani pengobatan kemoterapi , dia dinyatakan sembuh dan bebas dari kanker.

Tidak disangka 16 tahun kemudian kanker itu hadir lagi di tempat yang sama. Sehingga sekali lagi Mbak Novi menjalani operasi besar dan kemoterapi. Dan sekali lagi dia berhasil sembuh dan bersih dari kanker ganas tersebut.

Meskipun demikian, saat ini Mbak Novi resmi menjadi seorang Ostomate, penyandang kolostomi seumur hidup. Kolostomi dilakukan dengan cara membedah usus besar, kemudian dibuatkan lubang pada dinding perut yang disambungkan ujungnya pada bagian bawah usus besar yang masih berfungsi. Hal itu dilakukan karena pembuangan sisa makanan sudah tidak bisa melewati jalan yang normal.

Ilustrasi kolostomi yang digunakan oleh ostomate.
(source : Shutterstock.com)

Pengalaman hidupnya ini kemudian dituangkan dalam sebuah buku. Tujuannya untuk berbagi informasi dan memberi semangat pada para penderita kanker dimanapun berada agar tetap bersemangat menjalani prosesnya.

Faktor-faktor yang mempercepat kesembuhannya bukan hanya prosedur pengobatan. Tapi juga faktor internal, termasuk do’a, semangat hidup, dukungan keluarga, disiplin diri, dan lain sebagainya. Semua dituangkan ke dalam buku ini.

Pusing Memilih Ilustrasi Cover Buku?

Setelah sekian lama tertunda-tunda, bulan April 2019 ini bukunya terbit dengan label penerbit indie. Judul bukunya Saya Kanker dan Saya Bertahan.

Shutterstock.com

Proses editing dan lay out buku berjalan dengan lancar. Karena memang mbak Novi dibimbing oleh seorang mentor buku yang sudah berpengalaman. Eh itu bukan saya lho…bukaaan… Beliau adalah guru kami berdua. Namanya Mas Andre Raditya. Penulis buku Life Sign, The Savior dan Rezeki Level 9.

Begitu tiba saatnya memilih cover buku, baru deh muncul sedikit hambatan. Kami belum berpengalaman memilih ilustrasi buku dan tidak tahu dimana mencari/membelinya. Duh…gawat.

Mungkin karena jalur yang kami ambil tidak melalui penerbit mayor. Sehingga semua keputusan harus kami diskusikan sendiri.

Daripada kelamaan nggak terbit-terbit, kami putuskan untuk menggunakan cover yang sudah ada saat itu dengan ditambahkan foto personal mbak Novi. Lalu terbitlah buku itu setelah melewati masa pre order selama dua minggu. Kami fokus pada isi buku yang akan diterbitkan. Tidak begitu ambil pusing dengan pemilihan cover seideal mungkin. Secukupnya dulu.

Wow luar biasa tanggapan dari teman-teman dari berbagai komunitas untuk memesan buku ini. Lebih dari 300 buku dicetak di masa pre order tahap pertama.

Ternyata Ada Cara Mudah Untuk Mencari Ilustrasi Cover Buku

Setelah buku terbit, baru saya ingat bahwa ada cara mudah untuk mengunduh gambar yang bisa digunakan untuk ilustrasi buku. Para penulis buku bisa menggunakan gambar yang masuk dalam kategori royalty free, untuk digunakan sebagai ilustrasi cover bukunya. Selama tidak melanggar hak cipta.

Ada banyak website yang menyediakan gambar ilustrasi yang bebas dari royalti. Misalnya Shutterstock. Para penulis bisa mencari dan download gambar Shutterstock yang sesuai dengan kebutuhannya. Ada ribuan ilustrasi Shutterstock yang bisa dijadikan pertimbangan. Tentu saja akan ada biaya yang dibayarkan dengan menggunakan kartu kredit.

Waduh kalau tidak punya kartu kredit lalu bagaimana?

Nah ini dia info menariknya. Sekarang ada Anekapics.com, penyedia jasa untuk mengunduh gambar, foto, video dan vektor Shutterstock, iStockPhoto, GettyImage, Adobe Stock, dan lain sebagainya. Bertransaksi di AnekaPics.com prosesnya cepat dengan harga bersaing. Tanpa kartu kredit pun bisa.

AnekaPics.com sudah memiliki pengalaman lebih dari 6 tahun dan memiliki ribuan pelanggan setia. Semua foto / gambar / vektor yang disediakan adalah yang termasuk dalam kategori royalty free. Sehingga aman untuk digunakan.

Ada banyak paket yang disediakan, disesuaikan saja dengan yang kita butuhkan. File yang kita peroleh nanti adalah file asli berukuran maksimal sesuai dengan stock yang menyediakan.

Wah sepertinya bisa nih nanti kalau mau menerbitkan ulang, kami diskusikan apakah akan menggunakan cover buku lama atau mau menggantinya dengan ilustrasi baru yang lebih menarik dengan bantuan AnekaPics.com. Ssst… itu gambar yang saya gunakan di artikel ini semua saya unduh menggunakan akun premium yang dijual di AnekaPics.com lho…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *