Traveling

Pesona Kota Balikpapan Menggoda Untuk Kembali

Semasa saya kuliah dahulu, Kota Balikpapan menjadi salah satu target lokasi untuk magang / praktek kerja lapangan. Karena saya kuliah di jurusan Teknik Kimia. Sehingga untuk magang, industri kimia yang ada di Kalimantan Timur menjadi target utama. 

Alasannya sederhana sebenarnya. Sekali timpuk bisa dapat beberapa manfaat sekaligus. Dapat tempat magang sekaligus bisa traveling “gratis”. Karena ada subsidi biaya transportasi dan akomodasi dari perusahaan. Belum lagi keinginan untuk traveling dengan destinasi wisata yang  jauhan dikit. Kapan lagi piknik ke luar pulau Jawa. Bisa naik pesawat pula. Sederhana sekali ya impian saya saat masih mahasiswa dulu. 

Kenyataannya, target saya meleset sekitar 240 km. Bukan di Kota Balikpapan dapatnya, tapi di Kota Bontang, Kalimantan Timur. Kabar baiknya, justru karena magang di Kota Bontang itu, saya malah bisa piknik tipis-tipis gratis tiap weekend ke Kota Samarinda atau Kota Balikpapan.

Sponsor utamanya adalah para alumni, kakak tingkat yang bekerja di Kota Bontang. Saking senengnya melihat orang jogja datang kesana, atau mungkin juga mereka kasihan melihat adik tingkatnya yang kurang piknik. 

Sekian tahun berlalu, sekarang saya sudah punya penghasilan sendiri. Untuk biaya piknik tidak lagi memelas levelnya. Sudah bisa menyesuaikan keinginan mau traveling kemana, dengan transportasi apa dan nantinya akan menginap dimana.  

Kota Balikpapan yang saya ingat adalah kota yang bersih sekali. Kenangan saya atas penduduknya juga ramah dan baik hati. Begitu banyak kebaikan yang saya terima selama saya disana. Ada beberapa destinasi wisata yang berusaha saya kunjungi lagi di tahun ini. Sekalian napak tilas perjalanan yang pernah saya lalui. 

Balikpapan di waktu malam. (balikpapan.go.id)

Wisata Balikpapan Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Saya sangat menyukai wisata alam. Mulai dari gunung, pantai, bukit, danau maupun wisata alam buatan manusia untuk pelestarian alam. Sangat pas dengan yang disediakan oleh kota-kota di Pulau Kalimantan. Ada banyak wisata alam yang indah di Kota Balikpapan. Terutama pantainya. Bersih dan indah. 

Beberapa tempat wisata yang ingin saya datangi di kesempatan berikutnya adalah:

Hutan Mangrove Margomulyo

Hutan mangrove / bakau adalah salah benteng pertahanan pantai dari intrusi / merembesnya air laut ke daratan. Intrusi ini bisa membuat kualitas air menjadi kurang layak untuk dikonsumsi. Hutan bakau juga melindungi pantai dari erosi dan abrasi ombak yang mengikis permukaan tanah di pantai. Lebih dari itu,  tanaman mangrove / bakau adalah penyaring alami dari limbah organik yang terbawa ke pantai.

Dimana ada hutan mangrove yang tumbuh subur, disitu juga akan didapati beraneka ragam hewan lokal yang berkembang biak disana. Mulai dari ikan, udang, kepiting, siput, bahkan biawak, kura-kura, orangutan, burung dan lain sebagainya. Mangrove menyediakan cukup perlindungan dari predator sekaligus menghasilkan nutrisi yang dibutuhkan hewan-hewan tersebut. 

Hutan mangrove Margomulyo terletak di Balikpapan Barat. Sekitar 9 kilometer dari Kota Balikpapan. Bagi penggemar fotografi, hutan mangrove ini menyediakan banyak hal untuk dijadikan sebagai obyek foto menarik. Ada jembatan panjang yang terbuat dari kayu Ulin khas Kalimantan, gazebo, menara pengawas berikut flora fauna alami yang hanya bisa ditemukan di Hutan Mangrove Margomulyo ini. 

Gerbang menuju Hutan Mangrove Margomulyo, Balikpapan (ibnuumar.com)

Kampung Atas Air Margasari

Salah satu ciri khas kota-kota di Kalimantan Timur adalah adanya jembatan dari kayu ulin. Kayu khas yang katanya semakin lama terendam air, semakin keras pula kayunya. Terlihat eksotis sekali saat menikmati senja sambil melihat aktifitas masyarakat setempat. Kendaraan motor berlalu lalang melewati jalan yang terbuat dari susunan bilah-bilah kayu ulin. 

Disini, kita bisa keliling kampung menggunakan perahu mesin atau perahu klotok. Kita juga bisa merasakan bagaimana serunya menyeberang ke Kabupaten Penajam dengan naik perahu. Bukan hanya manusia yang diangkut perahu ini, tapi juga beberapa kendaraan sepeda motor.

Kampung Atas Air Margasari Balikpapan, adalah salah satu bukti keberhasilan pemda Balikpapan dalam menata daerah yang awalnya kumuh menjadi tempat wisata andalan. 

Kampung Atas Air Margasari, Balikpapan. (kalimantantourism.com)

Hutan Lindung Sungai Wain

Daya tarik lain dari Kalimantan Timur adalah hutannya. Jenis pepohonan khas Pulau Kalimantan berbeda dengan hutan-hutan di Pulau Jawa. Begitu pula binatang khasnya. Sama-sama hutan, namun berbeda nuansanya. 

Hutan Lindung Sungai Wain (HLSW) terletak KM 23 jalan Balikpapan-Samarinda. Hutan ini memiliki luas sekitar 10.000 hektar. Di hutan ini kita bisa menikmati begitu banyak pilihan pemandangan. Mulai dari waduk, rawa, sungai, bukit, dan beragam spesies binatang yang jika berpotensi untuk kita temui. Seperti orangutan, lutung, beruang madu, burung-burung dan tumbuhan endemik daerah setempat yang sulit ditemukan di tempat lain. 

Untuk menikmati wisata di HLSW ini, ada beberapa jenis tour yang ditawarkan. Sesuaikan saja dengan kemampuan dan kondisi badan saat itu. 

Hutan Lindung Sungai Wain (inibalikpapan.com)

Pantai Kemala

Pantai Kemala dikenal juga dengan sebutan Pantai Polda. Di Pantai Kemala ini tersedia wahana olahraga air seperti banana boat dan jetski yang bisa disewa. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih dan jajaran wisata kuliner yang menarik untuk dinikmati sembari menunggu senja tiba bersantai bersama dengan orang terkasih.

pantai kemala balikpapan
Pasir putih di Pantai Kemala Balikpapan (visitkaltim.id)

Luangkan Waktu Untuk Kembali ke Balikpapan

Saat ini pilihan transportasi menuju Balikpapan semakin beragam. Baik transportasi laut maupun udara. Jumlah jalur penerbangan ke Kota Balikpapan sudah sangat meningkat jumlahnya. Bisa jadi karena Kota Balikpapan sudah menjadi gerbang utama menuju kota-kota di Kalimantan Timur. 

Kelebihan dari memilih transportasi udara adalah lebih cepat dan menghemat waktu. Pilihan maskapai penerbangan, jadwal berikut harganya sudah disediakan lengkap di aplikasi seperti pegipegi misalnya.

Pergilah traveling ke Kota Balikpapan dan sekitarnya. Lalu rasakan betapa kota ini menyimpan begitu banyak keindahan alam yang sulit didapatkan di tempat lain. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *